Threads, media sosial milik Meta, disebut potensial mengambil data-data sensitif pengguna terutama demi kepentingan iklan. Ketidakjelasan kebijakan data platform itulah yang membuatnya tak masuk Uni Eropa.

Pada Kamis (6/7) pagi WIB, Threads resmi dirilis secara global, terkecuali di Uni Eropa. Pihak Instagram mengaku masih mempertimbangkan aturan hukum ketat soal perlindungan data pribadi (General Data Protection Regulation/GDPR) di sana.

Calli Schroeder, Penasihat senior dan penasihat privasi global di Electronic Privacy Information Center (EPIC), sebuah lembaga nirlaba privasi digital,  mengungkapkan hanya sedikit pengguna yang menyadari seberapa banyak informasi yang dikumpulkan oleh aplikasi ini.

“Meta telah menunda peluncuran Threads di Uni Eropa karena tidak jelas apakah cara perusahaan menangani data pengguna dan membaginya di berbagai platform, termasuk Threads, akan bertentangan dengan peraturan privasi yang akan datang,” ujar dia, dikutip dari The Guardian.

Meta sendiri punya sejarah buruk dalam hal praktik privasi, terutama kasus pengumpulan 87 juta data pengguna Facebook oleh Cambridge Analytica demi kepentingan Pilpres AS 2014.

“Saya belum melihat bukti bahwa Meta bersikap transparan tentang apa yang akan dilakukannya dengan data pribadi yang sensitif atau dengan jelas menetapkan alasan mengapa mereka mengumpulkan data tersebut selain ‘karena kami ingin’,” kata Schroeder.

Meta juga telah didenda karena mengumpulkan data pribadi yang sensitif tanpa mendapatkan persetujuan yang tepat di bawah GDPR Uni Eropa.

Jenis data

Meskipun Threads adalah pendatang baru di platform media sosial, sudah banyak yang diketahui tentang bagaimana platform ini mengumpulkan, menyimpan, dan membagikan data pengguna.

Itu karena Threads diatur oleh kebijakan privasi dan model bisnis yang sama dengan properti milik Meta lainnya, dalam hal informasi pribadi yang dikumpulkannya dari para penggunanya.

Sama seperti platform saudaranya, Instagram dan Facebook, Threads dapat dan akan mengumpulkan banyak data tentang penggunanya.

“Aplikasi Meta menerima informasi apa pun yang dimasukkan pengguna,” kata juru bicara Meta, Emil Vazquez.

Hal ini dapat mencakup data sensitif seperti informasi kesehatan dan kebugaran, informasi keuangan, lokasi, dan riwayat penelusuran, menurut entri toko aplikasi untuk Threads.

Platform ini memberikan informasi kepada perusahaan tentang postingan apa yang digunakan pengguna dan siapa yang mereka ikuti.

Hal itu termasuk “jenis konten yang Anda lihat atau berinteraksi dengan dan bagaimana Anda berinteraksi dengannya”, serta berapa lama dan seberapa sering pengguna menggunakan Threads.

Selain aktivitas Threads pengguna, kebijakan privasi perusahaan mengindikasikan bahwa mereka juga memiliki akses ke lokasi GPS, kamera, foto, IP address, jenis perangkat yang digunakan, dan sinyal perangkat termasuk “sinyal Bluetooth, titik akses Wi-Fi terdekat, suar, dan menara seluler”.

Jika digabungkan, informasi ini dapat menggambarkan peta kehidupan masyarakat yang sangat detail dan rumit, terutama jika digabungkan dengan semua data yang telah dikumpulkan Meta melalui Facebook, Instagram, dan Meta Pixel.

Meta Pixel merupakan sepotong kode pendek yang dapat ditambahkan ke situs web, melacak dan menganalisis aktivitas pengunjung, setelah itu berbagai versi data tersebut dibagikan dengan Meta.

Sebagai contoh, beberapa apotek dan jaringan toko kelontong dilaporkan membagikan informasi sensitif dengan Meta dan platform sosial lainnya melalui Pixel, termasuk apakah konsumen menambahkan tes HIV atau kehamilan ke dalam troli mereka.

Koleksi data Meta yang sangat besar diarahkan untuk satu tujuan yaitu menjual iklan. Threads saat ini belum menayangkan iklan, tetapi tidak diragukan lagi akan menayangkan iklan di masa depan.

Sementara itu, informasi yang dikumpulkan di Threads dapat digunakan sebagai bagian dari ekosistem data lebih besar, yang digunakan Meta untuk menayangkan iklan di platform lainnya.

“Meta tidak hanya tidak mengubah model bisnisnya, tetapi juga tetap ingin melakukan iklan bertarget, yang pada dasarnya adalah iklan pengawasan,” kata Carissa Veliz, seorang profesor di Institute for Ethics in AI di University of Oxford.

Untuk itu, perusahaan ini mencoba mengumpulkan data sebanyak mungkin dan mencoba untuk melanjutkan ke arah yang sama seperti yang dilakukannya sejak awal meskipun ada skandal, walau ada reaksi keras dari masyarakat.

“Meskipun ada peringatan dari regulator, meskipun ada denda. Ini bukan menata ulang model bisnisnya untuk menjadikannya model bisnis yang lebih menghormati pengguna,” katanya.

Salah satu kekhawatirannya, kata Veliz, adalah betapa sensitifnya data yang dikumpulkan perusahaan.

“Data tersebut bisa mencakup orientasi seksual, ras dan etnis, data biometrik, keanggotaan serikat pekerja, status kehamilan, politik, dan keyakinan agama. Dan semua data ini berpotensi dikirim ke pihak ketiga,” katanya.

Pemberitahuan dan statistik Facebook Cambridge AnalyticaPemberitahuan Facebook soal kasus data Cambridge Analytica. (screenshot)

Namun, juru bicara Meta mengklaim perusahaan secara internal menyaring data sensitif termasuk informasi kesehatan, orientasi seksual, dan pandangan agama agar tidak digunakan dalam iklan.

Sebagian besar informasi tersebut masih rentan terhadap permintaan penegak hukum, di mana Meta menerima hampir 240 ribu permintaan data di seluruh dunia pada paruh kedua 2022.

Lebih dari 64 ribu di antaranya berasal dari permintaan penegakan hukum untuk pengguna di Amerika Serikat.

Meta tidak sendirian dalam mengumpulkan dan membagikan data pengguna. Media sosial seperti Twitter, TikTok, dan sebagian besar platform sosial lainnya juga melakukan hal yang sama dalam mengumpulkan dan membagikan informasi.

Meski begitu, Meta memiliki salah satu rangkaian aplikasi terbesar yang tersedia untuk konsumen, memberikan gambaran yang jelas tentang kehidupan sehari-hari pengguna yang hanya dimiliki oleh beberapa perusahaan selain Google.

“Kita harus benar-benar khawatir tentang jumlah data yang dapat disimpan Meta pada individu,” kata Schroeder.