Bill Gates, Selasa (16/8), menyerukan Korea Selatan untuk lebih meningkatkan upaya internasional untuk mencegah penyakit menular seperti COVID-19 saat ia menekankan perlunya dunia untuk lebih siap menghadapi pandemi berikutnya.
Berbicara kepada anggota parlemen Korea Selatan di Seoul, Gates menyerukan kerja sama internasional yang lebih kuat, termasuk upaya untuk mengembangkan vaksin yang efektif untuk virus corona yang lebih luas, untuk menavigasi apa yang digambarkannya sebagai “momen krisis” dalam kesehatan global.

Ia mengatakan Bill and Melinda Gates Foundation dan pemerintah Korea Selatan telah berkomitmen pada kemitraan yang bertujuan untuk mengatasi kesenjangan kesehatan antarnegara dan mendukung upaya pemberantasan penyakit menular di negara-negara berkembang.

Ia menyoroti kekuatan Korea Selatan dalam peralatan kesehatan masyarakat, penelitian dan pembuatan vaksin dan memuji janji negara itu untuk menyumbangkan $200 juta untuk program distribusi COVAX yang didukung PBB yang menyediakan vaksin COVID-19 ke negara-negara berpenghasilan rendah.

“Ada banyak yang perlu kita lakukan bersama. Kita perlu menggali lebih dalam, kita perlu membangun lebih banyak kemitraan, kita perlu mendorong para ilmuwan,” kata Gates dalam pidatonya di Majelis Nasional.

“Tetapi saya yakin bahwa dengan langkah-langkah ini kita dapat terus meningkatkan kesehatan global secara radikal, mengurangi jumlah kematian anak-anak menjadi setengahnya lagi, memberantas penyakit seperti polio, campak dan malaria, dan meningkatkan kualitas kehidupan semua orang,” jelasnya.

Gates kemudian bertemu dengan para pemimpin kelompok bisnis SK untuk membahas kerjasama lebih lanjut dalam proyek-proyek kesehatan. Cabang farmasi SK, SK Bioscience, memproduksi vaksin COVID-19 dan telah menerima dana dari yayasan Gates untuk mengembangkan semprotan hidung yang dirancang untuk membantu mencegah infeksi virus corona.

Gates juga bertemu dengan Presiden Korea Selatan Yoon Suk Yeol pada hari Selasa.