Fitur-fitur Baru iOS Yang Potensial Muncul di WWDC 2023

0
181

Apple kemungkinan akan memperkenalkan sederet fitur baru sistem operasi iOS pada gelaran The Worldwide Developers Conference (WWDC) 2023, mulai dari fitur kesehatan baru hingga dukungan untuk perangkat mixed reality (XR).

Secara historis, WWDC adalah momen flexing iOS. Meski WWDC 2023 mungkin akan sedikit dibayangi oleh potensi pengumuman headset mixed reality, tetapi iOS 17 dikabarkan akan menyertakan beberapa “fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna.”

WWDC sendiri akan dilaksanakan mulai hari ini (5/6) hingga Jumat (9/6) di Apple Park, Cupertino, California, AS.

Fitur kesehatan

Fitur pertama yang mungkin diluncurkan Apple untuk iOS terbarunya adalah fitur kesehatan. Menurut Wall Street Journal, Apple sedang mengerjakan aplikasi penjurnalan yang memungkinkan pengguna untuk mencatat aktivitas mereka.

Catatan tersebut nantinya akan dianalisis untuk menentukan kebiasaan sehari-hari seperti berapa banyak waktu yang dihabiskan di rumah dibandingkan dengan di tempat lain, dan apakah pada hari tertentu ada sesuatu yang di luar kebiasaan.

Kemudian, menurut Mark Gurman dari Bloomberg, Apple juga akan menambahkan fitur pada aplikasi Kesehatan yang mencakup pelacak suasana hati yang mengajukan pertanyaan tentang hari pengguna dan menunjukkan hasilnya dari waktu ke waktu, serta alat untuk mengelola kondisi penglihatan seperti rabun jauh.

“Apple merencanakan layanan pelatihan digital Kesehatan dan Kebugaran yang didukung AI untuk tahun depan. Selain itu, aplikasi Kesehatan akan hadir di iPad tahun ini bersama fitur-fitur baru untuk pelacakan suasana hati dan emosi serta manajemen kondisi penglihatan,” tulis Gurman dalam cuitannya.

Smart home display

iOS 17 juga kemungkinan akan memberikan fitur layar baru bagi iPhone. Menurut Gurman, Apple sedang mengerjakan antarmuka di lock screen iPhone yang berfungsi seperti tampilan smart home ala Google Next atau Amazon Echo. Ketika diposisikan secara horizontal, antarmuka akan menampilkan informasi seperti janji temu kalender, cuaca, dan notifikasi yang dibangun di atas widget lock screen.

Ada juga rumor tentang perombakan Control Center yang belum diperbarui sejak 2017.

Pembaruan Apple Wallet

Dalam sebuah podcast, Gurman memperkirakan untuk melihat pembaruan pada Apple Wallet, meskipun rinciannya belum jelas.

Menurutnya, Apple telah melakukan upaya besar untuk menambahkan layanan keuangan ke perangkatnya, jadi masuk akal jika Wallet mendapatkan perhatian di WWDC.

Pasalnya, Apple Pay Later, yang memungkinkan pengguna membayar produk dengan cicilan, diluncurkan di Amerika Serikat (AS) pada Maret lalu.

Kemudian, Tap to Pay, yang memungkinkan transaksi tanpa memerlukan terminal pembayaran atau pembaca kartu seperti Square akan hadir akhir tahun ini.

Dukungan perangkat XR

Perangkat XR Apple yang dirumorkan bernama “Reality Pro” diperkirakan akan menjadi acara utama WWDC tahun ini. Perangkat keras ini akan dipasangkan dengan sistem operasinya sendiri yang kabarnya disebut xrOS.

Dikutip dari Sea Mashable, headset ini diduga dapat digunakan sebagai perangkat mandiri, tetapi dapat dihubungkan dengan perangkat Apple lainnya seperti iPhone atau Mac untuk tugas-tugas tertentu.

Jika Apple mengumumkan Reality Pro, maka kemungkinan iOS 17 akan hadir dengan semacam fitur integrasi xrOS.

Fitur baru untuk pengembang

Untuk mematuhi Undang-Undang Pasar Digital Uni Eropa, Apple diharuskan untuk mengizinkan aplikasi pihak ketiga diunduh di luar App Store mulai 2024. Menurut laporan dari Gurman pada Desember 2022, Apple berencana untuk memungkinkan praktik ini dengan fitur yang disebut sebagai “sideload” pada iOS 17.

Bagi para pengembang, ini berarti mereka tidak perlu membayar hingga 30 persen untuk biaya komisi hanya agar aplikasi mereka dapat digunakan di perangkat Apple.

Fitur lain

WWDC tahun ini mungkin akan mengumumkan pembaruan CarPlay yang akan didukung oleh iOS 17 setelah pratinjaunya diperkenalkan pada WWDC 2022.

Selain itu, kita mungkin akan melihat pembaruan untuk Apple Music dengan lirik di lock screen. Kemudian, Gurman melaporkan kemungkinan peningkatan pada SharePlay dan membuatnya lebih mudah untuk menggunakan AirPlay di perangkat yang bukan milik pengguna, misalnya, menyiarkan konten di perangkat hotel.

Sumber : CNN [dot] COM