Arsene Wenger Fokus Pada Laga Final Piala FA Melawan Chelsea

0
1504

Arsene Wenger belum akan hadir dalam konferensi media untuk beberapa waktu dan para pengunjung reguler yang melakukan perjalanan untuk melihat dia di lapangan latihan Arsenal di St. Albans akan mengatakan bahwa dia sangat dijaga sebelum pertandingan besar. Minggu ini tidak terkecuali. Tapi sebelum final Piala FA melawan Chelsea pada hari Sabtu, manajer membawa beberapa bahan tambahan.

Ambil satu yang berhubungan dengan Tony Adams. Mantan kapten klub tersebut memiliki sebuah buku baru, yang menghasilkan satu judul utama tentang Wenger “couldn’t coach his way out of a paper bag”. Maklum, hal itu sangat buruk baginya.

Adams juga menulis tentang final Piala FA pada tahun 2001, saat Arsenal kalah dari Liverpool dan, menurutnya, Wenger melemparkan medali runner-upnya ke tempat sampah di ruang ganti. “Saya tidak ingat [itu],” kata Wenger. “Jangan terlalu percaya pada apa yang Tony Adams katakan.”

Pada tanggal 9 Mei, Wenger telah berbicara untuk pertama kalinya tentang bagaimana komputer bisa menggantikan manajer. “Mungkin kita akan memiliki cukup banyak komputer di sekitar manajer untuk menganalisa permainan dan, langsung saja, dia menekan tombolnya dan, setelah pertandingan, keluar dari tim untuk pertandingan berikutnya,” katanya.

Arsenal semakin mengandalkan analisis, pendekatan yang didorong oleh chief executive Ivan Gazidis – dan ini bukanlah sesuatu yang mudah ditemukan Wenger, yang telah datang untuk melihat lebih banyak sekolah tua.

Di jantung segalanya bagi Wenger adalah gagasan kontrol, dan pada akhirnya musim yang paling memecah dalam karirnya, tidaklah sulit untuk melukisnya saat diserang sampai paranoia.

Masalah apakah dia tinggal atau pergi bulan depan, setelah berakhirnya kontraknya, telah diizinkan untuk memberikan bayang-bayang panjang mengenai kampanye tersebut dan mendorong para pendukungnya untuk mengalihkan perhatian. Tapi Wenger tidak akan membuat orang keluar dari kesengsaraan mereka sebelum final Piala.

Ada satu pertanyaan terakhir dan pertanyaan lebih lanjut tentang bagaimana dia selalu berjuang sampai hari terakhir kontraknya. “Ini bukan tentang saya,” katanya sambil mendesah dan, sekali lagi, dia menjelaskan ketidakpercayaannya bahwa subjeknya mungkin akan membahasnya, yang memang luar biasa.

Wenger percaya bahwa dia telah melakukan cukup banyak untuk mendapatkan kesepakatan dua tahun baru yang telah ada di atas meja sejak bulan-bulan awal musim ini. Dia berbicara tentang bagaimana final Piala akan memiliki nol bantalan pada keputusan dan niatnya untuk melanjutkan sebagai manajer musim depan, baik di Arsenal atau di tempat lain. Wenger kecanduan pekerjaan.

Menurutnya, 75 poin adalah penghitungan yang terhormat untuk menyelesaikan musim Liga Primer dan baru saja menjadi kemalangan Arsenal, untuk pertama kalinya, ada empat klub yang telah mengumpulkan lebih banyak. Dan mereka belum bisa menyelesaikan dengan piala. “Percayalah, 18 manajer lain di liga ingin berada di posisi kami pada hari Sabtu,” kata Wenger.

Posisi omerta pada posisi Wenger, tidak mengejutkan, meluas ke ruang ganti. Danny Welbeck, Per Mertesacker dan Alex Oxlade-Chamberlain ditanya tentang hal itu selama seminggu dan mereka berkata, beragam, bahwa mereka tidak tahu atau mereka tidak ingin berkomentar.

Mertesacker memiliki pandangan yang tampak aneh. “Anda tidak bisa membiarkan diri Anda turun atau menggunakan alasan tentang lingkungan atau masa depan manajer,” katanya. “Ini bukan pendekatan saya dan ini bukan pendekatan tim. Ini bukan alasan kami. Kita harus melihat diri kita di cermin dan melihat apa yang berikutnya untuk kita. ”

Welbeck dan Oxlade-Chamberlain membuat jelas bahwa meskipun mereka bertekad untuk memenangkan Piala, ia akan pergi hanya beberapa langkah pendek untuk mengatasi kegagalan menyelesaikan empat besar dan sepak bola Liga Champions untuk musim depan.

Tapi mereka akan membawa harapan kepada Wembley, terutama karena stabilitas yang mereka tunjukkan sejak beralih Wenger ke formasi 3-4-2-1 di Middlesbrough pada 17 April. Mereka telah memenangkan delapan dari sembilan pertandingan mereka dengan sistem – satu-satunya yang mundur dalam derby di Tottenham Hotspur.

Final Piala mungkin diputuskan oleh bagaimana barisan belakang Wenger yang ditambal melawan Diego Costa, Eden Hazard & friend. “Selama bertahun-tahun, kami selalu bermain dalam formasi tertentu dan saya pikir tim menjadi lebih baik dalam belajar bagaimana menghadapi Kami, “kata Oxlade-Chamberlain. “Ketika kami mengubah formasi, itu memberi mereka sesuatu yang baru untuk dipikirkan dan hasilnya sudah mulai datang.”

Mertesacker berkata: “Kami merasa lebih kompak dan menerima [kebutuhan] kadang-kadang untuk hanya membela. Dengan punggung empat, kami merasa harus mengeluarkan bola, kami harus bermain, kami harus menekannya. Tapi terutama melawan Man City [di semifinal Piala], kami membiarkan diri kami hanya bertahan dari kotak dan bahkan tidak terlalu banyak membuka diri. Anda harus menyesuaikan diri. Apapun yang dibutuhkan Arsenal, kami melakukannya. ”

Musim panas dipastikan akan membawa tantangan lebih lanjut dan kesan klub diliputi oleh ketidakpastian. Alexis Sánchez, Mesut Özil dan Oxlade-Chamberlain termasuk di antara pemain yang siap memasuki tahun terakhir mengenai kontrak mereka dan yang lainnya, seperti Héctor Bellerín, akan mudah untuk pindah. Sánchez adalah target utama Chelsea.

Terhadap semuanya, Wenger bertahan. Dia menyangkal melempar medali di tempat sampah tapi dia tidak punya waktu untuk pernak-pernik dan sentimentalitas. “Anda datang ke rumah saya dan Anda akan terkejut,” katanya. “Saya tidak memiliki medali, tidak ada piala, tidak ada. Anda bahkan tidak akan menebak bahwa saya adalah seorang manajer sepakbola, terlepas dari kenyataan bahwa sebuah permainan sedang berlangsung.

“Saya selalu memberikan medali saya. Selalu ada pria di klub yang tidak mendapatkannya dan saya memberikannya padanya. ”

Wenger menggambarkan dirinya sebagai orang yang “bukan back-looker, hanya maju”. Akhirnya, masa depan diatur menjadi lebih jelas.