Mobil diesel yang memancarkan hingga 18 kali batas resmi untuk polusi racun saat dibawa ke jalan masih dijual, 20 bulan setelah skandal emisi meletus dan di tengah krisis polusi udara yang sedang berlangsung.
Dalam kondisi dunia nyata, Nissan Qashqai menghasilkan oksida nitrogen 18 kali lebih banyak daripada uji coba berbasis laboratorium yang diizinkan di bawah arahan UE, sementara Nissan Juke memompa 16 kali lebih banyak polusi NOx daripada batasnya, menurut data dari perusahaan pengujian kendaraan Emissions Analytics yang dilihat Oleh Guardian.
Data lebih lanjut mengungkapkan model Renault Mégane dan Captur menghasilkan 16 kali lebih banyak NOx saat di jalan. Secara keseluruhan, data menunjukkan bahwa 80% mesin diesel baru yang dipasarkan dalam sembilan bulan terakhir gagal memenuhi batas resmi saat di jalan.
Analisis terpisah dari kelompok kampanye Transport & Environment (T & E) memperkirakan bahwa sekarang ada 5,3 m kendaraan diesel kotor di Inggris yang melebihi batas NOx resmi saat berada di jalan. Di seluruh Eropa, jumlahnya 35m, meningkat 6m pada tahun lalu.
Kendaraan melewati tes hukum, yang saat ini berbasis laboratorium. Tapi ketika didorong dalam kondisi nyata, sistem kontrol emisi mereka sering dinyalakan atau dimatikan, untuk menghemat uang atau biaya servis, yang seringkali menghasilkan tingkat asap beracun yang sangat tinggi.
Hal ini menyebabkan tingkat NOx yang tidak normal di sebagian besar wilayah perkotaan di Inggris dan, menurut sebuah laporan parlemen setahun yang lalu, sebuah “keadaan darurat kesehatan masyarakat”. Pemerintah telah dua kali dikalahkan di pengadilan karena kecukupan responsnya namun rencana terakhirnya dipecat sebagai “lemah” dan “sangat tidak memadai”.
Para menteri dari 28 negara Uni Eropa bertemu pada hari Senin untuk menyetujui reformasi sistem pengujian emisi. Tapi Jerman, rumah bagi beberapa pembuat mobil besar, menghalangi pemeriksaan emisi yang lebih ketat, menurut T & E.
Penjualan lanjutan mobil diesel yang sangat berpolusi sangat mengejutkan, kata Nick Molden, di Emissions Analytics: “Teknologi untuk membersihkan emisi diesel telah ada cukup lama.” Banyak mobil diesel yang terjual di AS memiliki emisi yang nyata di bawah pejabat tersebut. Batas Uni Eropa selama satu dekade, katanya.
Tapi di Eropa, pembeli mobil sering menghadapi perbedaan besar antara emisi yang diterbitkan secara resmi dan emisi aktual. “Orang-orang hanya meraba-raba dalam kegelapan dan itu harus berhenti,” kata Molden, yang situsnya Equa Index websitenya memiliki lebih dari 330 mobil diesel terbaru.
Dia mengatakan upgrade perangkat lunak dari produsen dengan cepat dan secara signifikan mengurangi emisi dari banyak mobil diesel yang ada: “Apa yang dapat Anda lakukan adalah meningkatkan efektivitas teknologi pengurangan emisi – ini hampir seperti tombol volume – dan itu adalah perubahan perangkat lunak. Jika mereka menaikkan volume, Anda memiliki mobil yang bersih. “Tapi selain mobil dari VW, yang tertangkap terang-terangan menipu, beberapa kendaraan di Eropa telah ditarik kembali.
“Kelambanan di Eropa dibandingkan sisi lain Atlantik sangat mengejutkan,” kata Julia Poliscanova di T & E. “Mobil-mobil yang masih dijual ini akan terus mencemari udara selama beberapa dekade yang akan datang. Tidak ada tindakan efektif seperti penarikan kembali atau penarikan persetujuan yang dilakukan pada sebagian besar mesin diesel kotor yang terus mencemari udara perkotaan tanpa hukuman. ”
Juru bicara Nissan dan Renault mengatakan semua mobil mereka memenuhi batas hukum saat ini dan bahwa perusahaan tersebut sangat mendukung uji coba baru yang berlaku pada bulan September untuk persetujuan baru jenis mobil dan untuk semua mobil yang dijual 12 bulan kemudian.
Seorang juru bicara Renault mengatakan: “Langkah-langkah yang secara signifikan mengurangi emisi NOx dalam kondisi berkendara sebenarnya telah diterapkan secara bertahap dalam produksi mulai Juli 2016. Kendaraan dalam hasil uji [Emissions Analytics] yang dikutip tidak mendapat manfaat dari tindakan ini.”
Mike Hawes, chief executive Society of Motor Manufacturers and Traders (SMMT), yang mewakili pembuat mobil, mengatakan: “Perbedaan antara tes laboratorium resmi dan yang dilakukan di ‘dunia nyata’ telah diketahui, dan industri mengakui kebutuhan akan Reformasi mendasar. “Dia menambahkan:” Kami tidak dapat berkomentar mengenai hasil uji non-resmi [Emisi Analytics] dimana metodologinya tidak jelas. “
Molden mengatakan bahwa metodologi dunia nyata yang digunakan oleh Emisi Analytics dirinci di situsnya dan bahwa SMMT tidak menerima tawaran berulang untuk menjelaskannya secara langsung: “Mereka tidak melihat situs web kami dan telah menolak undangan kami – saya tidak melakukannya. Tahu apa lagi yang bisa saya lakukan. “