HTC Memamerkan All-In-One VR yang Disebut Focus

0
969

HTC secara resmi meluncurkan headset virtual reality standalone yang disebut Focus Vive.

Gadget all-in-one tidak perlu dihubungkan ke komputer atau menggunakan layar ponsel untuk menampilkan gambar.

Langkah ini dilakukan sebulan setelah divisi Oculus Facebook mengumumkan rencana untuk headset untethered miliknya sendiri.

HTC belum memberikan harga atau tanggal rilis untuk Focus namun mengatakan bahwa pada awalnya akan tersedia hanya di China.

Pada saat yang sama, HTC mengumumkan telah berhenti bekerja dengan Google untuk memproduksi headset standalone Daydream. Lenovo masih bekerja dengan Google di bagian headset.

Pengaturan pemandangan

Fokus Vive memiliki layar AMOLED dan menggunakan sensor internal untuk mengetahui di mana seseorang melihat.

Ini memberi pengguna kemampuan lebih besar untuk menjelajahi adegan virtual, karena akan mendukung enam tingkat gerakan.

Headset all-in-one saat ini yang menggunakan layar ponsel cerdas karena layar biasanya hanya memiliki empat derajat kebebasan – atas, bawah, kiri dan kanan.

Dengan enam, pengguna dapat memindahkan kepala mereka ke belakang dan ke depan dan mendapatkan rasa kehadiran mereka yang lebih besar dalam adegan virtual.

“Enam tingkat pelacakan kebebasan adalah fitur standar pada PC kelas atas dan headset konsol, dan, dengan dukungannya langsung meningkatkan Fokus di atas solusi headset VR smartphone yang lebih murah,” kata analis game Piers Harding-Rolls, dari IHS Markit.

Harding-Rolls mengatakan headset standalone adalah “end game” untuk VR yang dapat dipakai dan itu “mendorong” untuk melihat rilis HTC yang bisa cocok dengan versi PC.

Dia mengatakan HTC memutuskan untuk merilis Focus hanya di China masuk akal.

“China adalah pasar paling maju untuk smartphone VR” katanya.

Headset dari Facebook, Google dan Samsung tidak resmi tersedia di China, katanya, dan yang bisa mengisi kekosongan itu adalah HTC.

HTC akan menghadapi persaingan dari Oculus, yang bekerja dengan dua headset tanpa kabel.

Yang pertama, yang disebut Oculus Go, sesuai dengan kemampuan headset berbasis smartphone.

Yang lain, yang disebut Santa Cruz, adalah versi untethered dari powerful headset Rift.