Pengunjung kebun binatang antusias saksikan bayi panda pertama di Prancis

0
1120

Bayi panda pertama yang lahir di Prancis mulai tampil di depan publik, lima bulan setelah kelahirannya.

Panda bernama Yuan Meng, yang dalam bahasa Cina artinya “mewujudkan mimpi menjadi kenyataan”, merupakan bintang dalam atraksi di kebun binatang Beauval yang berada di Prancis bagian tengah.

Nama bayi panda diberikan oleh Brigitte Macron, istri presiden Prancis pada Desember lalu.

Para pengunjung datang dari berbagai kota di Prancis hanya untuk melihat bayi Panda untuk pertama kalinya pada Sabtu (13/01) lalu.

Dokter hewan di kebun binatang mengatakan sebagai bagian dari proses penyesuaian, bayi panda itu telah berada kandang barunya selama 10 hari, namun untuk pertama kalinya Yuan Meng diperlihatkan ke publik pada akhir pekan ini.

Salah seorang pengnjung dari Paris mengatakan kepada kantor berita AFP: “Kami merasa menjadi bagian dalam peristiwa bersejarah ini. Kami bangun pada 3:00 pagi hari. Anak laki-laki saya sangat ingin melihat bayi ini.”

Reproduksi antar panda sangat sulit karena panda betina hanya memiliki masa subur selama beberapa hari dalam setahun.

Bayi ini merupakan anak dari dua ekor panda yang tiba di kebun binatang Beauval pada 2012, sebagai pinjaman dari Cina dalam program reproduksi. Yuan Ming lahir melalui proses inseminasi buatan.

Panda masuk dalam kategori hewan terancam punah pada 1980an, namun upaya konservasi telah meningkatkan jumlah populasinya.

Cina telah mengirimkan panda-panda ke puluhan negara, dan hewan tersebut diangap sebagai simbol hubungan diplomatik yang erat.

Dalam upacara pemberian nama bayi panda, Brigitte Macron, “ibu baptis” panda, mengatakan hewan ini merupakan simbol hubungan bersejarah antara Prancis dan Cina.

Sumber : bbc.com