Trik 2 Menit Menekankan Nafsu Makan

0
717

Metode Unik Menekankan Nafsu Makan

Menahan godaan aroma makanan cepat saji dan beragam kue bukan perkara mudah. Bau itu seolah terus mengajak kita untuk mencicipinya dan menelannya sampai habis. Jika sudah begitu, bertambahlah kalori dan lemak dalam tubuh. Namun, Anda tak perlu khawatir. Sebab, diam-diam aroma nikmat sajian makanan itu juga punya kemampuan untuk menekan nafsu makan.

Sebuah penelitian teranyar menunjukkan bahwa menghirup aroma makanan berlemak dan berkalori tinggi selama dua menit sudah cukup untuk menjauhkan seseorang dari keinginan untuk melahapnya. Mengutip Science Alert, para peneliti mengatakan, hal itu bisa dijadikan metode anyar diet.

Aroma, dalam penelitian yang dipublikasikan pada Journal of Marketing Research itu, mampu merangsang saraf dalam otak yang berperan dalam menimbulkan rasa kenyang. Aroma itu seolah-olah membuat kita merasa telah mencicipi makanan yang kita hirup sebelumnya, tanpa harus menelan lemak dan kalori ke dalam tubuh.

“Aroma makanan bisa menjadi alat ampuh untuk melawan keinginan makan,” ujar salah satu peneliti studi, Dipayan Biswas, dari University of South Florida.

Rangsangan sensorik halus seperti aroma, kata Biswas, lebih efektif dalam memengaruhi pilihan makanan pada anak-anak dan orang dewasa daripada mengatur dan membatasi jumlah serta jenis makanan.