5 Olahraga Kardio Sederhana yang Bisa Dilakukan di Rumah

0
651

Olahraga penting untuk kesehatan tubuh. Salah satu yang bisa jadi pilihan adalah olahraga kardio.

Olahraga satu ini dikenal efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, hingga melindungi jantung dari ragam gangguan.

Namun, tak sedikit orang malas melakoni olahraga ini. Salah satu pasalnya adalah bermacam peralatan yang diperlukan untuk berolahraga. Mau tak mau, seseorang harus berkunjung ke pusat kebugaran.

Padahal, kardio tak selalu sesulit itu. Olahraga bisa dilakukan di rumah tanpa menggunakan alat-alat tertentu.

Berikut mengutip LiveStrong, beberapa jenis olahraga kardio sederhana yang bisa Anda lakukan di rumah.

1. High knees
Lakukan pemanasan sebelum berolahraga demi menghindari cedera. Kardio bisa diawali dengan high knees.

Seperti namanya, seseorang hanya perlu mengangkat paha hingga setinggi perut. Saat kaki naik, tangan bersamaan menepuk paha. 

Usahakan pergantian kaki dilakukan dalam waktu cepat. Selain itu, jangan biarkan kaki terlalu lama di lantai.

2. Mountain climbers
Secara sekilas, gerakan mountain climbers mirip dengan posisi push up. Namun, berbeda dengan push up yang berfokus pada gerakan naik turun, mountain climbers memusatkan banyak gerakan pada bagian kaki.

Jaga tubuh agar tetap lurus vertikal dan tarik kaki ke bagian dada secara bergantian. Agar lebih menantang, tarik kaki ke arah berlawanan.

3. Cross jack
Berbeda dengan jumping jack, gerakan cross jack berupa lompatan yang dilanjutkan dengan menyilangkan tangan dan kaki.

Pada awalnya, posisikan tubuh tak ubahnya huruf X. Rentangkan kedua tangan dan kaki di posisi berjauhan. Gerakan keduanya hingga tangan kanan bersilangan dengan tangan kiri serta kaki kanan bersilangan dengan kaki kiri.

4. Burpee
Gerakan ini dapat membangun kekuatan tubuh secara total. Cukup berdiri dengan jarak kaki sejauh pinggul. Tempelkan kedua tangan di lantai, lalu lempar kaki ke belakang. Tarik lagi kaki ke depan dan melompat sembari angkat tangan tinggi-tinggi.

5. Stair sprint
Jika jalan kaki terasa membosankan, coba manfaatkan tangga rumah atau tangga di taman. Coba berjalan menaiki tangga secepat mungkin. Ambil napas perlahan saat berjalan kaki santai menuruni tangga.

Ulangi selama 10 menit atau hingga badan merasa lelah.

Sumber : CNN [dot] COM