Pemilu Inggris Dimenangi Partai Konservatif, Boris Johnson: “Mandat Baru untuk Menyelesaikan Brexit”

0
538

Boris Johnson akan kembali ke Downing Street setelah Partai Konservatif menyingkirkan Partai Buruh di jantung tradisionalnya dalam Pemilu Inggris.

Perdana Menteri Boris Johnson mengatakan kemenangan ini akan memberinya mandat untuk “menyelesaikan Brexit” dan membawa Inggris keluar dari Uni Eropa pada bulan depan.

Sementara, pimpinan Partai Buruh Jeremy Corbyn mengatakan kekalahan ini merupakan “malam yang sangat mengecewakan” dan dia tidak akan bertarung dalam pemilihan mendatang.

Kekalahan Partai Buruh ini merupakan yang terburuk semenjak tahun 1935.

Perkiraan BBC menunjukkan Partai Konservatif akan mendapatkan 364 kursi di parlemen, Partai Buruh 203 kursi, SNP 48 kursi, Liberal Demokrat 12 kursi, sementara Partai Brexit tidak mendapatkan kursi sama-sekali.

Kemenangan terbesar sejak kemenangan Margaret Thatcher

Boris Johnson mengatakan dia akan bekerja “siang dan malam” untuk membayar kepercayaan pemilih setelah dia memimpin Konservatif untuk kemenangan pemilihan “bersejarah”.

Partai Konservatif akan mendapatkan kursi mayoritas terbesar di Westminster sejak kemenangan Margaret Thatcher dalam pemilu 1987.

Ketika Johnson pertama kali pindah ke Downing Street pada Juli, setelah menggantikan Theresa May sebagai pemimpin partai Konservatif, kritikus menunjukkan hanya 160.000 anggota partai yang memilihnya untuk posisi itu.

Tetapi ketika perolehan suara diumumkan pada Jumat pagi, Partai Konservatif memenangkan mayoritas terbesar mereka di Westminster sejak tahun 1987.

Dalam pidato kemenangan, Johnson mengatakan kepada para aktivis “kami berhasil” dan itu adalah “fajar baru” bagi negara itu – komentar-komentar menggema yang dibuat Tony Blair ketika ia memenangkan kekuasaan pada tahun 1997.

“Tidak ada tapi.. tidak ada kalau..”

Berbicara di London, Johnson mengatakan kemenangan ini adalah mandat untuk membawa Inggris keluar dari Uni Eropa bulan depan.

“Kami akan menyelesaikan Brexit tepat waktu pada 31 Januari, tidak ada kalau, tidak ada tapi, tidak ada mungkin.”

Johnson juga mengatakan: “Tampaknya pemerintah Konservatif Satu Bangsa ini telah diberi mandat baru yang kuat untuk menyelesaikan Brexit.”

Lebih lanjut Boris Johnson mengatakan kemenangan ini telah “menghancurkan hambatan” di Parlemen atas Brexit dan mengakhiri “ancaman sengsara” dari referendum lain di Eropa.

Siapakah Boris Johnson?

Boris Johnson telah membangun kariernya dari memecah pendapat dan memicu kontroversi, pertama sebagai jurnalis dan kemudian sebagai politisi.

Setelah dia memenangkan kepemimpinan partai, banyak kritikus percaya dia tidak akan cukup terampil untuk tetap berkuasa.

Tetapi Johnson membuktikan mereka salah. Bagaimana dia bisa sampai di sana?

Nenek moyang dan kehidupan Turki di Brussels

Boris Johnson menggambarkan dirinya sebagai seorang Eurosceptic – kritik terhadap integrasi Eropa. Tetapi sulit untuk menempatkannya sebagai seorang isolasionis.

Johnson lahir di New York dari ayah diplomat dan ibu artis, ia cicit dari seorang jurnalis Turki, Johnson sempat tinggal di Amerika Serikat, Inggris, dan Brussels sebelum keluarganya menetap di Inggris.

Dia dikirim ke Eton, sebuah sekolah asrama elit, di mana dia mulai mengembangkan kepribadian eksentrik yang dikenalnya.

Dia kemudian belajar klasik di Universitas Oxford, memimpin masyarakat berdebat di Oxford Union.

Kegemaran Johnson dalam membangkitkan kontroversi terlihat jelas dalam tahun-tahunnya sebagai jurnalis. Dia dipecat dari koran The Times karena mengarang kutipan.

Kemudian ia mengambil pekerjaan sebagai koresponden Brussels untuk surat kabar yang berhaluan konservatif The Daily Telegraph.

“Jurnalismenya bercampur aduk dengan fiksi Eurosceptic liar,” kata Wakil Editor Politik BBC, John Pienaar.

Tetapi beberapa rekan kemudian menganggap sikap reporter muda itu hanya sebagai “tidak jujur ​​secara intelektual”, dalam kata-kata jurnalis David Usborne, yang sekarang menjadi editor surat kabar online Amerika Serikat The Independent.

Seorang kolumnis pembakar

Kembali ke Inggris, Boris Johnson menjadi kolumnis untuk Telegraph dan kemudian menjadi editor majalah sayap kanan The Spectator.

Johnson menunjukkan kecenderungan untuk menyinggung beberapa pembaca, menggunakan kata-kata merendahkan untuk menggambarkan orang Afrika dan menyebut anak-anak dari ibu tunggal “dibesarkan dengan buruk, bodoh, agresif dan tidak sah”.

Tapi dia meningkatkan sirkulasi The Spectator dan profil medianya tumbuh setelah dia mulai muncul secara teratur di sebuah acara BBC populer yang disebut “Sudahkah Saya Mendapatkan Berita Untuk Anda?” – Di mana panelis mencoba membuat lelucon lucu tentang berita minggu ini.

Kata-kata dan pendapatnya menuai kritik, tapi juga membuat Johnson menjadi selebriti politik, menurut banyak komentator, termasuk penulis biografinya Sonia Purnell.

Dan itu mengatur panggung untuk debutnya dalam politik.