Oposisi Argentina Memprotes Rencana Reformasi Keadilan

0
598

Kelompok-kelompok oposisi di Argentina mengadakan protes di Obelisk Buenos Aires pusat Sabtu untuk menyuarakan keberatan mereka terhadap rencana reformasi keadilan yang diumumkan oleh Presiden Alberto Fernández.

Fernández mengumumkan proyek reformasi keadilannya pada hari Rabu, mengatakan tujuannya adalah peradilan yang lebih gesit, “independen dari kekuatan politik” dan transparansi yang lebih besar.

Lawan percaya niatnya yang sebenarnya adalah untuk melindungi dari penuntutan mantan presiden, dan sekarang wakil presiden, Cristina Fernández de Kirchner, yang sedang diselidiki karena kejahatan yang diduga terjadi ketika dia berada di kantor antara 2007 dan 2015.

“Mereka berusaha melindungi mantan presiden (Fernández de Kirchner), mantan presiden paling korup di planet Bumi,” kata Marina Rios Flores, seorang pengunjuk rasa. “Ini adalah pakta yang telah mereka buat dengan Presiden Alberto Fernández bahwa sebelum dia meninggalkan kantor dia akan menyatakan pengampunan padanya. ”

Seorang pemrotes wanita sedang memegang spanduk dengan foto Fernández de Kirchner yang sedang membaca dalam bahasa Spanyol, “Awas Mahkamah Agung. Tahanan Cristina sekarang!”

“Partai Peronis (yang berkuasa) tidak pernah republik, tidak akan pernah,” kata seorang pemrotes yang memberinya nama hanya sebagai Sergio. “Itu organisasi yang dibentuk untuk mencuri.”

Fernández de Kirchner sedang diselidiki karena dugaan pencucian uang dan asosiasi kriminal.

Dia juga dituduh menutupi peran orang Iran yang diduga terkait dengan serangan bom van di pusat Yahudi Buenos Aires pada 18 Juli 1994, yang menewaskan 85 orang.