Peretas Cina Menargetkan Vatikan, NY Times Melaporkan

0
521

The New York Times Rabu mengatakan jaringan komputer Vatikan telah dilanggar oleh peretas Cina sejak Mei, dalam upaya spionase yang jelas sebelum dimulainya pembicaraan sensitif antara Gereja Katolik Roma dan Komunis China.

The Times mengatakan serangan itu, yang ditemukan oleh cybersecurity dan perusahaan pemantau yang bermarkas di AS, Recorded Future, tampaknya menjadi yang pertama kali para peretas ditangkap di depan umum secara langsung meretas ke Vatikan dan sebuah kelompok perwakilan de facto Vatikan yang berbasis di Hong Kong yang telah bernegosiasi dengan Cina atas status Gereja di daratan.

Surat kabar itu mengatakan para pakar keamanan dunia maya di Recorded Future menduga para peretas bekerja untuk pemerintah Cina.

Vatikan dan China diperkirakan akan memulai pembicaraan pada bulan September mengenai pembaruan perjanjian sementara yang mereka raih pada tahun 2018 yang memberikan paus keputusan akhir atas para uskup yang dipilih oleh Partai Komunis untuk Gereja Katolik yang disetujui negara. The Times mengatakan wahyu pasti akan membuat marah Vatikan dan semakin memperumit hubungannya dengan pemerintah Cina.

Kedua belah pihak memutus hubungan diplomatik resmi pada tahun 1951. Vatikan secara resmi mengakui Taiwan, pulau yang diperintah sendiri oleh Beijing itu mengklaim adalah wilayah yang memisahkan diri dengan nakal yang berada di bawah kendalinya. Jika Vatikan dan China memulihkan hubungan diplomatik, para pejabat Cina yakin akan menuntut Gereja memutus semua hubungan dengan Taiwan.

Tiongkok secara resmi mengakui agama Katolik dan empat agama lain, tetapi pejabat Partai Komunis sering mencurigai kelompok agama dan pemuja menimbulkan ancaman terhadap keamanan nasional dan berupaya melemahkan cengkeraman partai pada kekuasaan.

Pihak berwenang sering menggunakan serangan siber untuk mengumpulkan informasi tentang kelompok-kelompok seperti Buddha Tibet, Muslim Uighur dan anggota Falun Gong terlarang yang beroperasi di luar Tiongkok.