Apple diijinkan untuk memblokir Fornite di Appstore

0
452
Apple diijinkan untuk memblokir Fornite di Appstore

Hakim federal di California, Amerika Serikat, mengeluarkan keputusan bahwa Apple bisa memblokir Fortnite, di App Store.

“Pengadilan tetap mempertahankan temuan dari perintah larangan sementara” kata Hakim Distrik Yvonne Gonzalez Rogers, dikutip dari Reuters, Senin, 12 Oktober 2020.

Apple diizinkan memblokir game Fortnite di toko aplikasi mereka, namun tidak boleh merugikan peralatan untuk pegembang, termasuk perangkat lunak Unreal Engine yang digunakan oleh ratusan game lain.

Epic Games bulan lalu mengajukan perintah sementara, preliminary injuction, agar game Fortnite bisa kembali masuk ke App Store, termasuk juga akun pengembang.

Epic Games sejak Agustus lalu menuntut Apple karena mereka mengenakan komisi 30 persen untuk pembelian di App Store. Epic Games juga menuduh Apple antikompetisi.

Tuntutan ini bermula ketika Apple menghapus game Fortnite dari App Store karena Epic Games menggunakan sistem pembayaran sendiri, alih-alih menggunakan sistem buatan Apple sesuai dengan kebijakan yang berlaku.

Apple juga mengancam Epic Games akan menghapus akun pengembang mereka. Pengadilan sebelumnya mengeluarkan perintah darurat yang menyebutkan Apple boleh menarik game Fortnite dari App Store, namun, tidak boleh untuk peralatan pengembang buatan Epic Games.

Hakim distrik tersebut mengatakan Epic Games memiliki alasan yang kuat soal distribusi eksklusif di App Store dan sistem komisi 30 persen, namun argumen kontra yang mereka sampaikan kurang cukup.