Badan Antariksa Eropa Menandatangani Kesepakatan untuk Menghapus Puing dari Orbit

0
650

Badan Antariksa Eropa (ESA) telah menandatangani kontrak senilai $ 102 juta dengan perusahaan baru Swiss untuk membeli layanan unik: pemindahan sampah antariksa pertama kali dari orbit.

Perusahaan, ClearSpace SA, akan menangkap bagian dari roket bekas menggunakan apa yang digambarkan sebagai “tentakel”, dan kemudian menyeretnya ke bawah untuk masuk kembali. Objek yang akan dihapus dari orbit adalah apa yang disebut adaptor muatan Vespa yang digunakan pada tahun 2013 untuk menahan dan kemudian melepaskan satelit. Beratnya sekitar 112 kilogram.

Para ahli telah lama memperingatkan bahwa ratusan ribu keping puing-puing ruang angkasa yang mengitari planet – termasuk cermin astronot yang hilang – menjadi ancaman bagi satelit yang berfungsi dan bahkan Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS).

Selama konferensi pers jarak jauh mengenai kontrak tersebut Selasa malam, Direktur Jenderal ESA Jan Woerner mengatakan ada lebih dari satu juta keping puing-puing ruang angkasa yang mengorbit di Bumi. Dia mengatakan sudah ada kasus di mana satelit dan pesawat ruang angkasa terkena puing-puing.

ESA mengatakan kesepakatan dengan ClearSpace SA akan mengarah pada “misi pemindahan puing aktif pertama” pada tahun 2025, di mana pesawat ruang angkasa yang dibuat khusus, yang dikenal sebagai ClearSpace-1, akan bertemu, menangkap dan menurunkan adaptor muatan Vespa untuk masuk kembali.

CEO ClearSpace SA Luc Piguet mengatakan perusahaan berharap untuk memperluas operasi semacam itu di masa depan untuk mencakup pemindahan beberapa objek, dan bahkan servis dan pengisian bahan bakar pesawat ruang angkasa.

“Ketika kita melihat ke masa depan, apa yang sudah kita lihat hari ini adalah bahwa ada lebih dari 5.000 objek nonfungsional di orbit, yang pada dasarnya adalah, jika Anda mau, klien yang membutuhkan semacam layanan. Dan setiap tahun, kami menambahkan 74 objek baru ke daftar ini, ”kata Piguet.