Texas Hadapi Krisis Air Bersih Di Tengah ‘Kondisi Darurat’ Musim Dingin Ekstrem yang Tewaskan Puluhan Warga

0
436

Musim dingin ekstrem menewaskan setidaknya 60 orang warga AS di antaranya karena keracunan karbon monoksida saat mereka menjalankan mobil dan generator di dalam ruangan agar tetap hangat.

Negara bagian Texas yang tedampak parah mencatat 24 orang warganya tewas. Pejabat lokal memperkirakan jumlah itu masih dapat bertambah.

Walau aliran listrik kembali normal di Texas, badai musim dingin masih berpotensi menerjang kawasan tersebut dan setidaknya 13 juta orang atau hampir separuh penduduk negara bagian itu kini kekurangan akses air bersih.

Otoritas sempat menganjurkan warganya untuk merebus pasokan air yang tersisa sebelum mengkonsumsinya. Ketersediaan air bersih berkurang drastis karena sistem penyulingan air rusak selama cuaca dingin yang bersejarah.

Selain Texas, pekan ini layanan air bersih di beberapa negara bagian di sisi selatan AS yang dilanda badai salju dan es juga dihentikan.

Musim dingin ekstrem juga memutus aliran air di Kota Jackson, Mississippi. Kota ini dihuni sekitar 150.000 orang. Hal yang sama terjadi di Tennessee yang dihuni lebih dari 651.000 jiwa.

Penduduk yang di kawasan selatan AS yang pipa air bersihnya membeku kini terpaksa merebus salju untuk mendapat air layak konsumsi.

Wilayah selatan AS ini sangat jarang diserang suhu dingin ekstrem.