Zuckerberg Didesak Untuk Membatalkan Instagram Versi Anak-Anak

0
497

Advokat untuk anak-anak dari seluruh dunia mendesak kepala Facebook Mark Zuckerberg pada hari Kamis untuk membatalkan rencana versi Instagram yang ditujukan untuk praremaja.

Kampanye untuk Anak-Anak Bebas Komersial dan Pusat Informasi Privasi Elektronik berada di antara hampir 100 kelompok dan individu dari Amerika Utara, Eropa, Afrika, dan Australia untuk mengajukan permohonan melalui surat kepada Zuckerberg.

Instagram “mengeksploitasi ketakutan anak muda akan ketinggalan dan keinginan untuk mendapatkan persetujuan dari teman sebaya,” isi surat itu.

“Fokus platform yang tanpa henti pada penampilan, presentasi diri, dan pencitraan merek menghadirkan tantangan bagi privasi dan kesejahteraan remaja,” katanya, membangun kekhawatiran tentang predator, penindas, dan konten yang tidak pantas.

Instagram sedang menjajaki peluncuran versi jejaring sosial yang berpusat pada gambar untuk anak-anak di bawah 13 tahun, dengan kontrol orang tua.

Instagram milik Facebook, seperti perusahaan induknya, hanya mengizinkan mereka yang berusia di atas 13 tahun untuk bergabung, tetapi memverifikasi usia di internet membuatnya sulit untuk menangkap semua pelanggar aturan.

“Kenyataannya adalah anak-anak sedang online,” kata juru bicara Instagram Stephanie Otway menanggapi pertanyaan AFP.

“Mereka ingin terhubung dengan keluarga dan teman mereka, bersenang-senang dan belajar, dan kami ingin membantu mereka melakukannya dengan cara yang aman dan sesuai usia.”

Facebook bekerja dengan ahli perkembangan anak dan kesehatan mental untuk memprioritaskan keselamatan dan privasi, menurut Otway.

Instagram, yang memiliki lebih dari satu miliar pengguna, baru-baru ini meluncurkan teknologi yang bertujuan mencegah anak-anak di bawah umur membuat akun dan memblokir orang dewasa agar tidak menghubungi pengguna muda yang tidak mereka kenal.

Platform ini juga mencari cara untuk mempersulit orang dewasa yang telah menunjukkan “perilaku yang berpotensi mencurigakan” untuk berinteraksi dengan remaja.

Pengacara anak-anak meragukan versi remaja yang diusulkan.

“Rekam jejak Facebook yang panjang dalam mengeksploitasi anak muda dan menempatkan mereka pada risiko membuat perusahaan tidak cocok sebagai penjaga situs berbagi foto dan pesan sosial untuk anak-anak,” kata surat mereka.

“Singkatnya, situs Instagram untuk anak-anak akan membuat anak kecil menghadapi sejumlah risiko serius dan akan menawarkan sedikit manfaat bagi keluarga.”