Xiaomi Kembangkan Teknologi Pengisian Baterai Lewat Suara

0
492

Seiring dengan perkembangan teknologi saat ini, para vendor smartphone berlomba-lomba menghadirkan berbagai macam teknologi yang semakin canggih. Merk smartphone asal China Xiaomi salah satunya yang baru-baru ini mendaftarkan paten untuk teknologi pengisian daya lewat suara. 

Gebrakan ini tentunya membuat pengguna Xiaomi patut berbangga karena ini merupakan fitur revolusioner pertama pada perangkat pengisian daya. Namun sayangnya, teknologi pengisian suara inovatif dari Xiaomi ini bisa memakan waktu bertahun-tahun lamanya sebelum menjadi kenyataan.

Dilansir dari laman My Smart Price, Senin (21/6/2021) Xiaomi telah mengajukan permohonan paten ke China National Intellectual Property Administration (CNIPA). CNIPA ini sendiri merupakan otoritas resmi untuk melisensi sebuah hak kekayaan intelektual.  

Lalu bagaimana cara kerja pengisian daya ini sendiri ?

Berdasarkan penjelasan dari dokumen paten, perangkat pengisian daya akan menyebarkan suara dan menyediakan daya untuk mengisi baterai dari smartphone dan perangkat lain.Ini akan terdiri dari perangkat pengisian suara (yang akan mampu mengumpulkan suara), alat penyimpan energi, dan perangkat elektronik. Perangkat akan memiliki mekanisme untuk mengubah energi suara menjadi energi listrik untuk mengisi daya perangkat yang terhubung. Kemudian akan ada antarmuka untuk mengubah arus bolak-balik (AC) yang dihasilkan menjadi arus searah (DC), yang kemudian dapat digunakan untuk mengisi daya perangkat tanpa menggunakan soket listrik.