Apple pada Kamis (8/9) meluncurkan produk iPhone, airpods dan jam tangan terbaru.

Jajaran iPhone terbaru dari Apple mengedepankan kualitas kamera yang lebih baik, prosesor yang lebih cepat dan baterai yang lebih tahan lama. Tekanan inflasi yang telah menaikkan harga banyak barang sehari-hari tidak berdampak pada Apple, karena iPhone keluaran terbaru ini masih dibanderol dengan harga yang sama seperti model tahun lalu.

Keputusan penetapan harga, yang diungkapkan dalam peluncuran secara tatap muka yang pertama dalam tiga tahun, menimbulkan kekagetan. Banyak analis yang sebelumnya memperkirakan Apple akan meminta penggemar setianya untuk membayar 15 persen lebih tinggi untuk membantu mengimbangi kenaikan biaya bagi banyak komponennya.

Kehebohan seputar model iPhone-14 terbaru Apple merupakan bagian dari ritual tahunan pasca Hari Buruh, di mana selama lebih dari satu dekade menjadi waktu di mana Apple meluncurkan produk-produk terbarunya.

Apa Kecanggihan iPhone-14?

Peluncuran pada Kamis itu dilakukan di markas perusahaan teknologi tersebut di Cupertino, California, dalam sebuah teater yang diberi nama mengikuti pendiri perusahaan itu – Steve Jobs.

Dalam beberapa tahun terakhir, iPhone terbaru keluaran Apple sebagian besar menampilkan peningkatan bertahap pada kamera dan masa pakai baterai, dan model tahun ini tidak terkecuali. Harga untuk iPhone 14 standar mulai dibanderol di angka $799, sementara iPhone 14 Pro Max Deluxe dijual seharga $1,099.

Peningkatan terbaru iPhone 14 terletak pada kamera 48 megapiksel dalam model Pro dan Pro Max, yang menurut perusahaan itu akan menghasilkan gambar yang sangat tajam. Versi iPhone 13 Pro dan Pro Max memiliki kamera dengan kualitas 12 megapiksel. Model kelas atas tahun ini juga akan memiliki layar yang selalu aktif, yang tetap menyala di saat terkunci sekali pun, fitur yang telah lama tersedia di banyak ponsel cerdas yang didukung perangkat lunak Android Google.

Mulai November nanti, semua model iPhone 14 akan dapat mengirim pesan SOS melalui fitur satelit baru, sebuah langkah keamanan agar para pengguna dapat meminta bantuan darurat saat berada di daerah terpencil tanpa koneksi nirkabel.

Semua iPhone 14 juga akan menyertakan sensor gerak yang mampu mendeteksi tabrakan mobil serius dan secara otomatis terhubung ke layanan darurat.

 Apple Tak Naikkan Harga

Dengan inflasi yang masih berada di level tertinggi dalam 40 tahun, para konsumen telah membatasi pengeluaran barang. Hal ini ditengarai ikut berdampak pada anjloknya penjualan telepon pintar, meskipun iPhone jauh lebih baik dibanding pesaingnya Android.

Meredupnya prospek penjualan telah mendorong perusahaan riset internasional Data Corp untuk memprediksi penurunan di seluruh dunia pada penjualan telepon pintar sebesar 6,5 persen pada 2022 – atau hampir dua kali lipat dari penurunan 3,5 persen yang diperkirakan beberapa bulan lalu. Meskipun penurunan penjualan ini telah diantisipasi, harga rata-rata telepon pintar baru tahun ini diperkirakan 6 persen lebih tinggi dibanding tahun lalu.

Dengan mempertahankan harga iPhone tetap sama seperti tahun lalu, Apple berpotensi menghadapi risiko penurunan laba jika inflasi menaikkan biaya operasionalnya. Hal ini diperkirakan akan mudah diatasi mengingat Apple telah meraup keuntungan sebesar $44 miliar pada paruh pertama tahun ini saja.

Apple juga dapat menarik laba jika semakin banyak konsumen yang tertarik pada model Pro dan Pro Max, yang menghasilkan margin keuntungan lebih besar dibanding model yang lebih murah. Analis dari lembaga Wedbush Securities, Daniel Ives, mengatakan tampaknya Apple mengantisipasi semakin banyaknya konsumen yang bersedia membayar tambahan sebesar $200–$300 lebih tinggi untuk mendapatkan iPhone 14 versi deluxe.

Menurut perusahaan riset Canalys, hingga paruh pertama tahun ini saja Apple telah menjual sekitar 106 juta iPhone, atau naik 8 persen dibanding periode yang sama pada tahun lalu.

Apple Watch dan Airpods Terbaru Tingkatkan Kecanggihan

Apple Watch Series 8 yang juga diluncurkan pada Rabu (7/9), akan menyertakan sensor suhu baru untuk membantu perempuan melacak siklus ovulasi mereka secara retrospektif, disamping fitur pendeteksi tabrakan yang Apple sematkan. Apple Watch terbaru, yang akan mulai tersedia pada 16 September mendatang, dijual dengan harga mulai dari $399, sama seperti model yang dirilis pada tahun lalu.

Dalam upaya memperluas daya tarik pada teknologi yang dapat dikenakan, Apple juga meluncurkan model Watch Ultra yang dirancang lebih tahan lama dan menawarkan fitur khusus bagi pejalan kaki, penyelam skuba, dan penggemar kegiatan alam lainnya. Watch Ultra – yang akan mulai tersedia pada 23 September – dijual dengan harga premium $799.

Analis dari CCI Insight, Leo Gebbie, memperkirakan Watch Ultra akan bersaing dengan merek jam tangan olahraga yang ada saat ini, seperti Garmin, dan sejumlah pembuat jam tangan mewah Swiss yang memasarkan produk mereka untuk olahraga ekstrem.

Apple juga meluncurkan airpods nirkabel generasi terbaru, yaitu Airpods Pro-2, yang juga dijual dengan harga sama seperti tahun lalu yaitu 249 dolar.