Mesin Pendaur Ulang di Kiev Tukar Plastik dengan Uang Donasi

0
571

Banyak cara untuk melakukan kepedulian pada lingkungan hidup atau membantu mereka yang membutuhkan. Salah satu contohnya di Kiev, Ukraina, adalah dengan memanfaatkan mesin daur ulang.

Para pelajar di sebuah sekolah di Kiev, Ukraina, telah belajar mengenai bagaimana menyelamatkan lingkungan dan menolong mereka yang membutuhkan bantuan dengan menggunakan mesin pendaur ulang khusus. Mesin tersebut menggunakan botol-botol plastik sebagai ‘mata uangnya.’

Setelah memasukkan botol ke dalam mesin, pelajar dapat memilih apa yang mereka ingin lakukan dengan uang yang mereka peroleh.

Dengan menekan sebuah tombol di mesin, mereka dapat memilih antara membeli makanan untuk hewan-hewan yang berkeliaran atau memberi donasi untuk membantu warga lanjut usia atau anak-anak berkebutuhan khusus seperti tuna rungu atau Down’s Syndrome.

Dalam suatu percakapan dengan wartawan yang berkunjung ke sekolahnya, Illya Rokots, pelajar berusia 10 tahun, mengatakan,”Saya masukan botol-botol ke mesin ini dan membantu satwa, anak-anak dan para lansia.”

Ketika ditanya dengan cara bagaimana ia bisa memberikan bantuannya, Rokots menjawab, “Kita buka mesinnya dan kumpulkan semua botol untuk didaur ulang. Inilah yang membuat kita menerima uang.”

Rokots menjelaskan mengenai pentingnya mesin tersebut. Tanpa mesin daur ulang, lanjutnya, lingkungan akan dikotori sampah botol plastik.

Kepedulian Rufat Raimov, sang penggagas mesin yang disebut Yapomoga itu, pada usaha-usaha amal bermula sejak ia kecil. Ia mengemukakan,”Saya telah peduli pada hewan sejak anak-anak. Sedangkan untuk perlindungan lingkungan hidup, ibu sayalah yang mengajarkan tentang apa yang harus dilakukan. Ia adalah teladan bagi saya. Tetapi topik ini tidak dibahas secara luas di tengah masyarakat sewaktu saya kanak-kanak.”

Setelah menguji coba versi contoh mesin di salah satu kawasan permukiman di Kiev dan di sebuah pusat perbelanjaan di kota itu, Raimov memperhatikan bahwa anak-anaklah yang paling sering menjadi pengguna mesin yang disebut Yapomoga itu интернет займы по карте.

Raimov mengatakan kepada Reuters, “Saya telah mengumpulkan botol-botol plastik dari mesin itu sendiri selama empat bulan. Saya perhatikan bagaimana anak-anak dan orang tua mereka bereaksi. Penting sekali bahwa orang tua memanfaatkan perangkat tambahan ini untuk mengedukasi anak-anak. Sewaktu orang tua datang ke sini bersama dengan anak-anak mereka, mereka mengajari anak-anak itu, anak-anak menyukai proses belajar ini dan menyerap informasinya.”