6 Cara Mengusir Rayap yang Menyerang Rumah

0
611

Keberadaan rayap di rumah tentu membuat kesal. Selain merusak pakaian, lemari, perabotan kayu hingga koleksi buku, rayap juga membangun sarang dari serpihan kayu dan tanah yang dia makan.

Rayap adalah binatang yang merusak. Salah satu alasan utama mengapa rayap sulit dihadapi karena keberadaan mereka sulit dideteksi sampai membuat kerusakan dan membentuk koloni yang besar.

Rayap bahkan disebut sebagai hama yang paling merugikan jika dibandingkan dengan hama lainnya. Binatang ini pun bisa mengancam struktural karena mengunyah kayu di sekitar rumah tanpa disadari.

“Masalahnya adalah Anda biasanya tidak melihat mereka karena mereka membangun terowongan bawah tanah dan jika (ada) di dalam rumah, mereka berada di dalam dinding, loteng, dan tempat lainnya,” kata Thomas Chouvenc, seorang profesor di Departemen Entomologi dan Nematologi di University of Florida, seperti dikutip Today.

Oleh karena itu, penting mengusir dan membasmi rayap di rumah sebelum koloni mereka membuat semua perabotan bahkan mungkin rumah Anda habis karena digerogoti dari dalam. Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk membasmi rayap di rumah.

1. Buat rumah tidak lembap

Ruangan yang lembap bisa menarik semua jenis hama, termasuk rayap. Menyingkirkan kelembapan berlebih di rumah akan membantu mencegah rayap.

2. Perbaiki kebocoran

Anda harus memperbaiki semua jenis kebocoran hingga pembusukan yang terjadi di rumah. Menurut laporan Urban Company, atap atau dinding yang rusak bisa menjadi rumah sempurna untuk rayap. Perbaiki dan tutup kebocoran, lakukan inspeksi secara berkala terutama di ruang bawah tanah atau sudut-sudut rumah yang kotor.

3. Rapikan rumah

Penting untuk merapikan setiap sudut ruangan di rumah. Berikan perhatian khusus pada kertas, karton, majalah bekas, dan koran yang tidak berguna karena ini bisa menjadi lingkungan yang baik bagi hama seperti rayap untuk berkembang biak.

Jika salah satu kamar diserang rayap, pastikan tidak pernah membawa barang-barang termasuk furnitur yang disimpan di ruangan itu ke bagian lain rumah Anda yang tidak terkena rayap.

4. Beri jarak antara tanah dan kayu

Jika di rumah Anda terdapat taman, pastikan ada jarak antara tanah dan kayu. Kebanyakan ahli percaya setidaknya jarak delapan belas inci penting karena bisa membantu mencegah serangan rayap pada pondasi rumah dan perabotan. Anda dapat menggunakan batu atau semen untuk memisahkan tanah dari area kayu.

5. Gunakan borat pada kayu sebelum pengecatan

Borat adalah salah satu penolak rayap yang paling populer. Anda dapat menyemprotkan borat pada kayu sebelum priming dan mengecat.

Borat bisa meresap ke dalam kayu dan mencegah rayap menyerang dan menggigitnya. Semprotan borat ini cukup kuat untuk mengusir rayap selama beberapa dekade.

6. Tempatkan barang kena rayap di bawah sinar matahari

Jika ada barang yang sudah terkena rayap, segera bersihkan dan letakkan di bawah sinar matahari langsung setidaknya selama tiga hari berturut-turut.

Strategi perlindungan rayap ini dapat bekerja dengan baik di musim panas karena rayap tidak tahan panas.

Dengan menjaga furnitur yang terinfeksi di bawah sinar matahari, panas akan membunuh rayap dan menghilangkan kelembaban dari furnitur, mencegah kemungkinan rayap kembali.

Sumber : CNN [dot] COm