Memodifikasi sepeda motor jenis skuter matik harus memperhatikan kenyamanan agar selamat selama berkendara. Jangan asal mengubah, terutama bagian ban.

Penggunaan ban skutik yang tidak sesuai berpotensi celaka. Berikut panduan memodifikasi ban skutik.

Salah satu bagian skutik yang sering dimodifikasi para bikers adalah kaki-kaki motor, yakni ban dan pelek. Saat memodifikasi kaki-kaki itu yang perlu diperhatikan yaknu ukuran standar roda motor skutik.

Umumnya skutik punya roda dengan ukuran yang kecil mulai dari 12 inci, 13 inci dan 14 inci.

Lantas agar pengendara tetap nyaman dan aman saat di jalan raya, ketika memodifikasi ban skutik dapat menggunakan rumus paling umum yaitu plus dua tingkat dari ukuran standar.

Ban standar motor matik misalnya 90/80-14 inci, maka maksimal kenaikannya sampai dengan 110/80-14 inci. Jika melebihi rumus tersebut, dampaknya karet bundar bakal menyentuh suspensi dan sepatbor.

“Jika ingin merubah dengan ukuran yang lebih besar atau kecil silahkan saja, tapi dapat disesuaikan dengan kebutuhan,” kata terang Fajar Afriansyah selaku trainer YRA Safety Riding.

“Seperti saat ingin ikut ajang modifikasi, modifikasi ban motor bisa dilakukan sesuai kreatifitas masing-masing. Contoh mengganti dengan ukuran ban lebih kecil seperti ban sepeda diperbolehkan namun tidak disarankan karena tidak safety riding. Modifikasi seperti itu hanya untuk kepentingan saat ajang saja bukan untuk dikendarai di jalan raya,” ujarnya lagi.

Agar tampilan ban motor tampak makin keren bisa menggunakan beragam aksesori pada side wall atau dengan pengganti pentil standar.

Penggunan aksesori pada motor yang dimodifikasi tidak ada masalah, selama tidak mengganggu keselamatan, karena ban merupakan komponen yang sangat penting untuk keselamatan berkendara.

Ban adalah satu-satunya bagian dari motor yang melekat ke aspal. Jadi kalau mau dimodifikasi, harus ditangani orang yang ahli.