Data dari China Passenger Car Association (CPCA) menunjukkan perusahaan pembuat mobil Amerika, Tesla, dan saingan utamanya dari China, BYD, mencapai rekor pengiriman kendaraan buatan China tertinggi pada kuartal kedua ini, seiring memanasnya kompetisi di pasar.

Tesla menjual hampir 19% lebih banyak kendaraan buatan China pada bulan Juni lalu, dibanding tahun sebelumnya. Selama bulan April-Juni, pembuat Model 2 dan Model Y terjual hampir seperempat juta kendaraan. Data ini menunjukkan jumlah tertinggi dalam satu bulan sejak mulai mengirimkan mobil dari Shanghai pada awal tahun 2020.

Saingannya di China, BYD, yang terkenal dengan seri EV dan hibrida Dynasty & Ocean juga mengalami lonjakan penjualan pada bulan Juni lalu hingga lebih dari 88% tahun-ke-tahun, menjadi lebih dari seperempat juta kendaraan. Untuk pertama kalinya penjualan bulanan BYD memecahkan rekor.

Lonjakan penjualan kendaraan kedua perusahaan itu menunjukkan bagaimana pertarungan sengit keduanya, bahkan ketika penjualan kendaraan secara keseluruhan di China sedang melambat.

Sektor kendaraan listrik atau EV juga mendapat dukungan tambahan dari pemerintah China, yang ingin mendorong penjualan untuk menopang pemulihan ekonomi mereka. Popularitas kendaraan listrik dan hibrida kini semakin meningkat.

CPCA memperkirakan 740.000 penjualan di bulan Juni lalu, atau naik 30% dibanding tahun sebelumnya. Meskipun demikian CPCA tidak memisahkan penjualan kendaraan di dalam negeri dan ekspor.