Mengirimkan belanjaan Anda melalui drone diperkirakan akan menjadi hal biasa di banyak wilayah di dunia. Salah satu perintis di bidang ini  adalah perusahaan Irlandia Manna yang baru saja meluncurkan program percontohan pengiriman dengan drone yang ambisius di dekat ibu kota Dublin.

Setelah sebelumnya dianggap fiksi ilmiah, mengirimkan produk favorit Anda dengan drone kini bukan lagi hal mengherankan. Perusahaan-perusahaan pengiriman raksasa seperti Amazon, FedEx dan DHL sudah mulai melakukannya.

Salah satu pemain paling ambisius di bidang ini adalah perusahaan Irlandia Manna, yang saat ini meluncurkan proyek peluncuran pengiriman dengan drone di Balbriggan, sebelah utara Dublin.

Pelanggan yang tinggal di area pengiriman dapat memesan barang dari vendor yang berpartisipasi di aplikasi ponsel dan pesanan itu akan tiba dalam hitungan menit.

Manna berkonsentrasi pada vendor makanan karena dianggap paling sesuai untuk pengiriman dengan drone mengingat volume pesanannya paling tinggi dan beroperasi dalam margin waktu yang ketat, kata CEO dan Pendiri Manna, Bobby Healy, salah satu pengusaha paling sukses di Irlandia.

“Pengiriman dengan drone jelas jauh lebih cepat dan jauh lebih aman daripada menggunakan jalan darat. Sewaktu kami melakukan ratusan pengiriman dalam sehari melalui udara, kami menghindari semua perjalanan darat yang tidak hanya lambat dan mahal, tapi juga tidak aman,” jelasnya.

Manna mengatakan tanggapan para pelanggan sangat positif. Sekitar 98 persen pelanggan yang terlibat dalam program percontohan sebelumnya di Oranmore, di Irlandia Barat, memberi dua acungan jempol.

Mary Stapleton, pelanggan reguler Manna sejak dimulai di Balbriggan pada awal Februari. “Makanan datang dengan sangat cepat dan dalam keadaan masih hangat. Saya pikir ini sangat bagus untuk bisnis lokal. Anda tidak hanya bisa memesan makanan dan minuman. Anda juga dapat memesan sesuatu dari apotek. Anda dapat memesan tes antigen, masker dan lainnya. Ini benar-benar fantastis,” jelasnya.

Balbriggan adalah kota berpenduduk sekitar 20.000 orang, sekitar 30 kilometer dari sebelah utara Dublin. Kantor pusat operasional Manna berada di atas gedung Pusat Perbelanjaan Millfield di kota itu, di mana sebuah tim spesialis mengoperasikan armada drone yang dilengkapi dengan berbagai fitur keselamatan. Tidak ada kamera yang dipasang pada drone-drone itu dan data telemetri tidak disimpan untuk menghindari masalah privasi pelanggan.

Sean McCleary, pemilik Blasta Street Kitchen, mengatakan bahwa layanan pengiriman drone membantu mengembangkan bisnisnya.”Bekerja sama dengan tim di Manna merupakan pengalaman positif yang sangat menarik. Para pelanggan kami puas karena mereka menerima makanan yang mereka pesan dengan cepat dan dalam keadaan hangat. Saya pikir ini hanyalah awal dari sesuatu yang besar,” komentarnya.

Banyak pengamat mengatakan, pengiriman barang dengan drone sangat menguntungkan. Studi terbaru Virginia Tech University menemukan bahwa pengiriman dengan drone di kota AS rata-rata akan menghemat waktu konsumen hingga 56 jam per tahun karena mengurangi perjalanan yang tidak perlu.

Studi tersebut juga mengatakan drone akan meningkatkan nilai transaksi penjualan sebuah restoran hingga 284.000 dolar per tahun, dan mengurangi emisi karbon dioksida hingga 113.900 ton per tahun, atau setara dengan menghijaukan kembali hutan hingga 46.000 hektar.