China memiliki sejumlah penemuan yang sangat berharga, berjasa dan membantu peradaban untuk lebih maju. Apa saja penemuan tersebut?

Selama ini, kita mungkin sudah sering mendengar soal akupunktur yang jadi pengobatan tradisional China. Akan tetapi, ada beberapa penemuan lainnya. Berikut ini dirangkum detikINET dari History Hit, ini lima penemuan asal China yang membantu dunia.

1. Kertas

Sering jadi perdebatan, tapi diyakini kertas berasal dari China. Pertama kali, kertas ditemukan di China pada awal tahun 105. Kertas tertua di dunia ditemukan di Xian pada 1957 dan terbuat dari serat rami sekitar 140 hingga 87 SM.

2. Kompas

Saat era Dinasti Han 202 SM hingga 220 M, China menentukan utara dan selatan dengan kompas sederhana. Awalnya, ini digunakan untuk mempraktekkan Feng Shui. Kemudian, kapal Negeri Tiongkok mulai mengadopsi kompas dan diperkenalkan ke orang-orang Arab yang lalu menyebarkannya ke Barat.

3. Minum teh

Tanaman teh berasal dari Yunnan barat. Legenda Tiongkok kuno mengatakan bahwa teh pertama kali ditemukan oleh Shennong, ‘bapak pertanian’ Tiongkok, sekitar 2.737 SM. Di Dinasti Tang, teh menjadi minuman populer yang dinikmati oleh orang-orang dari berbagai kelas sosial.

4. Jam mekanik

Jam mekanik pertama di dunia, yang menampilkan desain burung, ditemukan oleh biksu Buddha Yi Xing pada tahun 725. Air diteteskan ke roda yang akan menyelesaikan satu putaran dalam 24 jam. Penemuannya juga memungkinkan bel dibunyikan secara otomatis setiap jam, dan drum dipukul setiap seperempat jam. Pada akhir abad ke-10, teknologi ini digunakan untuk menara jam militer.

5. Uang kertas

Uang kertas sangat ringan. Ini yang pertama kali dikembangkan di China, karena selama Dinasti Tang, koin tembaga terlalu berat dan besar untuk diangkut selama transaksi komersial besar. Uang kertas kemudian dengan cepat diadopsi oleh pemerintah untuk meneruskan pembayaran pajak.