Salah satu keajaiban air zamzam adalah, tidak mengering di gurun pasir Makkah yang panas dan kering. Kemunculan sumur zamzam itu sendiri mengarah pada fondasi pemukiman lembah di Makkah.

Air zamzam memiliki arti yang signifikan bagi umat Islam. Jutaan peziarah membawanya ke negara asal mereka karena zamzam penuh keberkahan.

Zamzam berbeda dengan air alami dari segi kandungan mineral dan fitur radiologinya, sehingga punya khasiat menyembuhkan banyak penyakit. Berikut ini fakta-fakta ilmiah air zamzam, dirangkum dari berbagai sumber.

Tidak ada pertumbuhan biologis

Sumur zamzam sudah sangat tua, berumur lebih dari 4.000 tahun. Air ini muncul ketika istri Nabi Ibrahim, Siti Hajar, putus asa mencari sumber air bersama putranya Ismail. Secara ajaib, mata air zamzam keluar saat Nabi Ismail menangis karena kehausan di padang pasir.

Terlepas dari kenyataan bahwa sumur zamzam sudah sangat tua, uniknya tidak ada pertumbuhan biologis seperti ganggang atau partikel jamur di dalamnya.

Kaya mineral

Keragaman mineral yang terkandung dalam satu tetes air zamzam tidak dapat ditemukan di setetes air pun dari tempat lain di Bumi, sehingga membuat air dari sumur zamzam tidak hanya suci tetapi juga unik dan sehat.

Kemurnian air zamzam

Kualitas air zamzam dan kemurniannya tidak dapat diubah bahkan setelah dicampurkan sejumlah bahan kimia dan mencoba mengubah komposisinya. Oleh karena itu, kemurnian air zamzam tidak hanya sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, tetapi juga merupakan sebuah keajaiban.

Komposisi air zamzam

Ada 34 unsur yang diketahui dalam air zamzam antara lain: kalsium (Ca), magnesium (Mg), natrium (Na) dan klorida (Cl) dalam konsentrasi yang lebih tinggi daripada air alami. Kemudian ada unsur antimon (Sb), berilium (Be), bismut (Bi), brom (Br), kobalt (Co), yodium (I), dan molibdenum (Mo) kurang dari 0,01 ppm. Jejak kromium (Cr), mangan (Mn), dan titanium (Ti) juga terlihat dalam air zamzam.

Sebuah studi hidrokimia memperlihatkan, air zamzam adalah air natrium klorida yang berasal dari meteorit. Keajaiban lain adalah bahwa jumlah empat unsur berbahaya, arsenik (As), kadmium (Cd), timbal (Pb), dan selenium (Se), berada di bawah tingkat risiko untuk diminum manusia.

Artinya, meskipun memiliki kandungan yang biasanya dianggap berbahaya, zamzam secara ajaib masih aman dan sehat untuk kita minum. Tingginya kadar Kalsium dalam air zamzam juga membuatnya lebih baik untuk dikonsumsi manusia.

Stimulasi akuaporin

Aquaporin, juga disebut saluran air, adalah pori-pori di membran sel biologis, terutama memfasilitasi pengangkutan air antar sel. Nah, air zamzam memiliki kemampuan merangsang aquaporin dan dengan demikian meningkatkan pengaturan air antar sel, sehingga membuatnya sangat sehat untuk kita minum.

Perlindungan terhadap penyakit

Air zamzam memberikan perlindungan terhadap beberapa penyakit, seperti katarak turunan, masalah nefrogenik, dan diabetes.

Stimulasi sistem reproduksi

Air zamzam menyebabkan peningkatan regulasi pesan interseluler gap junctional dan antibodi connexin 43 di endometrium. Selain itu, zamzam juga merangsang perkembangan jendela implantasi melalui stimulus aquaporin karena memiliki kandungan fluorida yang tinggi, berkontribusi pada aksi antimikroba padat. Oleh karena itu, air zamzam bertindak sebagai antioksidan karena merangsang oksida nitrat (NO) endometrium.

Manfaat anti tumor

Air zamzam memiliki sifat onkolitik yang unik dan memiliki efek anti-inflamasi yang kuat. Karena itu, air zamzam memiliki faktor nekrosis antitumor (TNFα) yang kuat dan berpengaruh pada interleukin I (IL1). Air zamzam memiliki efek aksi onkolitik melalui pengaruh yang tidak diinginkan pada imunologi endokrin dan sistem pertumbuhan tubuh.

Tidak diragukan lagi air zamzam adalah hadiah dari Allah untuk kita – karena memiliki semua sifat yang tidak dikandung oleh air biasa. Ia memiliki kemampuan untuk melawan banyak penyakit dan juga berkontribusi untuk menjaga sistem kesehatan tubuh kita.