Alasan Intel Pentium Menghilang dari Laptop dan PC

0
345

Intel akan mengganti merek Pentium dan Celeron. Penggantinya adalah Intel Processor yang dimulai pada 2023 mendatang.

The Verge menuliskan Intel akan berfokus pada merek Core, Evo dan vPro pada produk andalannya. Sementara itu, Intel Processor digunakan pada produk yang disebut “penting”.

“Intel berkomitmen mendorong inovasi untuk memberikan manfaat untuk pengguna dan keluarga prosesor tingkat pemula kami sangat penting meningkatkan standard PC di semua titik harga,” jelas VP dan manajer umum sementara platform klien seluler Intel, Josh Newman, dikutip Selasa (20/9/2022).

Branding Intel Processor yang baru akan menyederhanakan penawaran kami, jadi pengguna bisa berfokus pada memilih profesor yang tepat untuk kebutuhan mereka”.

Dengan kebijakan tersebut, maka ini menjadi akhir dari kehidupan Pentium setelah hampir 30 tahun. Debut pada 1993, chip itu diperkenalkan pada desktop kelas atas sebelum akhirnya digunakan ke laptop.

Sebagian besar Intel saat ini telah menggunakan merek Core untuk lini produk andalannya. Core sendiri diluncurkan tahun 2006, dan Pentium bergeser digunakan untuk prosesor kelas menengah.

Sementara itu, Celeron adalah merek Intel untuk PC Murah. Diluncurkan lima tahun setelah Pentium hadir, chip ini menawarkan kerja jauh lebih sedikit dengan biaya lebih murah pada pembuat laptop dan konsumen.

Chip Celeron pertama tahun 1998 berdasarkan Pentium II. Saat ini, merek tersebut sebagian besar digunakan pada Chromebook dan laptop murah.

Perubahan merek ini, menurut Intel tak akan mempengaruhi penawaran produk perusahaan saat ini atau peta jalannya. Perusahaannya mengatakan keputusan itu akan terus memberikan produk serta manfaat yang sama pada segmen.