Whatsapp Anda Mudah Dikloning & Dibajak, Jangan Sampai Lengah

0
329
Sekarang Pesan WhatsApp hanya dapat satu kali diforward
Sekarang Pesan WhatsApp hanya dapat satu kali diforward

Pengguna WhatsApp masih memiliki risiko terkena kejahatan akun mereka dikloning atau dibajak pihak yang tidak bertanggung jawab. Untuk mengakses akun korbannya, pelaku akan berusaha melakukan segala cara untuk bisa mendapatkannya.

Pengguna WhatsApp bisa mengetahui tanda-tanda jika akun WhatsApp telah dikloning atau dibajak. Berikut beberapa di antaranya:

1. Keluar dari Akun WhatsApp

Sejauh ini WhatsApp belum bisa digunakan pada dua ponsel secara bersamaan. Jika digunakan di smartphone lain, akan muncul kode OTP pada nomor ponsel yang terdaftar.

Jadi jika tiba-tiba keluar dari akun WhatsApp atau mendapatkan kode OTP, itu bisa jadi pertanda akun telah dikloning oleh orang lain.

2. Pesan telah terbaca

Ciri lain yang perlu diwaspadai adalah jika ada pesan yang belum dibaca namun ternyata terlihat telah terbaca. Namun tanda ini bisa juga karena tanda centang biru yang dinonaktifkan.

3. Mengirim pesan yang tidak dikirim pengguna

Pengguna juga patut waspada jika ada pesan yang dikirim pada kontak tertentu tanpa diketahui.

4. Online padahal non-aktif

Selain itu tanda lainnya adalah akun yang tampak online di aplikasi orang lain namun ternyata tidak sedang aktif atau membuka aplikasi tersebut di ponsel maupun WhatsApp Web.

5. Log perangkat yang tidak dikenal

Jika menemukan log perangkat tidak dikenal, segeralah tutup aksesnya. Berikut caranya:

Android

  • Pada tab Chat, ketuk menu pada titik tiga di kanan atas.
  • Pilih WhatsApp Web
  • Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tidak dikenal, pilih keluar (log out) dari perangkat atau pilih keluar dari semua perangkat.

iOS

  • Pilih Seting atau Pengaturan di kanan bawah
  • Pilih WhatsApp Web/ Desktop
  • Cek perangkat yang terhubung, jika ada perangkat tak dikenal geser kanan dan pilih log out atau pilih keluaran dari seluruh perangkat.