Pemilik atau orang yang baru pertama memiliki mobil seringkali kebingungan mengetahui posisi tutup tangki bahan bakar minyak. Hal ini dapat merepotkan pengemudi ketika akan mengisi bensin.

Untuk mengetahui letak tangki bensin sebetulnya cukup mudah dengan membaca buku manual terlebih dulu. Kendati begitu, bagi kebanyakan orang hal ini sering diabaikan atau sudah baca namun lupa ketika masuk Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum.

Ada cara lain bagi pemilik untuk mengetahui posisi lubang tangki bensin tanpa perlu melongok atau turun dari mobil. Caranya yakni dari panel instrumen yang berada di depan pengemudi.

Produsen mobil biasanya melengkapi indikator dengan menyertakan tanda panah sebagai cara mengetahui posisi tangki bensin. Indikator ini dapat dilihat hanya dari balik kemudi, kemudian perhatikan meter cluster atau panel instrumen yang berada dekat dengan spidometer pada dasbor.

Jika tanda panah menghadap kiri, berarti posisi tutup tangki mobil berada di sebelah kiri. Begitu pun sebaliknya, jika panah mengarah ke kanan maka tangki bensin ada di sisi kanan mobil.

Dengan begitu, pengemudi tak perlu lagi turun dari mobil hanya untuk mengetahui posisi tutup tangki bensin.

Posisi tuas pembuka tangki BBM

Posisi tuas pembuka tutup bensin juga terkadang membuat pemilik mobil kebingungan. Posisi tuas tangki berbeda pada setiap jenis mobil. Namun, umumnya posisi tuas berada di bagian bawah kanan kursi pengemudi.

Anda dapat dengan mudah menemukannya, tapi bagi awam coba perhatikan gambar logo pada tuas. Pasalnya, posisi tuas bensin bersebelahan dengan tuas kap mesin.

Kendati begitu, posisi tuas ini berbeda pada mobil-mobil kelas premium. Anda bisa bertanya kepada penjual mobil premium tersebut untuk penjelasan fungsi lainnya.