Warga RI Tak Bayar Pinjol Makin Ngeri, Cek Data Maret 2023!

0
311

Ada 25 perusahaan peer-to-peer lending (p2p) lending yang akan diberikan sanksi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Seluruh pinjaman online (pinjol) tercatat memiliki rasio kredit macetnya lebih dari 5%.

Tercatat platform dengan tingkat wanprestasi atau TWP lebih dari 5% itu termasuk Findaya dan Finmas. Juru Bicara OJK, Sarjito menjelaskan OJK akan menindak penyedia layanan untuk segera menurunkan level TWP.

“OJK akan langsung memberikan surat pembinaan dan meminta action plan dari P2P untuk segera menurunkan level TWP-nya.” ungkap Sarjito kepada CNBC Indonesia beberapa waktu lalu.

Dia menjelaskan angka TWP di atas 5% menjadi angka psikologi di sektor keuangan. Itu sebabnya tingkat tersebut menjadi perhatian OJK.

NPL gross perbankan per Desember 2022 tercatat turun 2,44% dari 3% pada Desember 2021. Jadi NPL 25 perusahaan itu dua kali lebih dari NPL rata-rata perbankan Tanah Air.

Dalam kesempatan yang berbeda, Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun serta Anggota Dewan Komisioner OJK Ogi Prastomiyono juga menyinggung hal serupa. Pihaknya akan memberikan surat pembinaan dan meminta perusahaan terkait mengajukan action plan berupa perbaikan pendanaan macet pada seluruh perusahaan itu.

“OJK memantau pelaksanaan action plan dengan ketat. Jika kondisi lebih buruk, OJK akan melakukan tindakan pengawasan lanjutan,” kata Ogi.

Sementara itu, dia menjelaskan 19 fintech p2p lending memiliki ekuistas di bawah Rp 2,5 miliar. Sayangnya capaian tersebut tak sejalan dengan Peraturan OJK (POJK) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Layanan Bersama Berbasis Teknologi Informasi (POJK 10/2022) yang menyatakan bahwa tahap ekuitas senilai Rp2,5 miliar harus terpenuhi pada 4 Juli 2023.

Daftar TKB90 Pinjol Per Maret 2023

TKB90 merupakan tingkat keberhasilan pinjol untuk memberikan fasilitas pinjaman. Jangka waktunya hingga 90 hari sejak tanggal jatuh tempo.

Berikut daftar TKB90 fintech peer-to-peer lending berizin di Indonesia. Ada beberapa perusahaan yang data TKB90 yang sulit ditemukan CNBC Indonesia.

1. Danamas : 97,25%

2. investree : 96,32%