Mengetahui Letak Lubang Tangki BBM Tanpa Harus Turun Mobil

0
285
MOBIL LEXUS LC500

Tak dipungkiri kalau hal ini sering dialami bagi pengguna mobil, saat akan mengisi BBM di SPBU bingung dimana letak lubang tangki. Apakah disebelah kiri atau kanan? Ini biasanya pagi pemilik mobil baru atau penyewa, karena belum terbiasa.

Maka yang biasanya dilakukan adalah keluar mobil untuk memastikan dimana letak lubang tangki berada. Berbeda kalau mobil yang digunakan adalah mobil milik sendiri yang kerap dugunakan, pastinya sudah hafal dimana letak lubang tangki.

Sebelum membahas bagaimana mengetahui letak lubang tangki BBM tanpa harus keluar mobil, perlu diketahui kalau lubang pengisian bensin berbeda-beda di setiap negara. Bahkan beberapa merek mempunyai lubang pengisian yang berbeda pula.

Sebagai penentu dimana lokasi lubang pengisian ini tergantung pabrikan. Sebenarnya desainer pabrikan bebas menempatkan pintu bahan bakar di sisi mobil yang paling mudah. Misalnya dinegara Amerika yang lebih suka lubang tangki pengisian di sebelah kiri mobil.

Sementara pengendara yang mengemudi di sisi kiri jalan seperti Inggris, India, dan Indonesia, kemungkinan menyukai tangki di sisi kanan. Akan tetapi preferensi pengemudi bukan faktor penentunya.

Perlu diketahui kalau penempatan pintu bahan bakar terutama merupakan faktor desain tangki bahan bakar, lokasi, dan kemasan bagian bawah bodi mobil. Selain itu, para desainer harus memperhatikan kondisi mobil untuk bisa menentukan akan memasang tangki pengisian BBM di bagian mana.

Di Amerika, peraturan tentang tangki BBM tidak menentukan sisi kiri atau sisi kanan akan tetapi menentukan tentang tangki pengisian harusnya berada di bagian terluas mobil, berada di dalam zona remuk atau crumple zone, dan aman dari tetesan ke knalpot atau kabel listrik.

Secara logika bila setiap mobil memiliki lubang pengisian BBM yang sama, maka 50% pompa di pom bensin tidak akan digunakan. Sehingga pengendara bisa menghabiskan lebih banyak waktu untuk mengantri di stasiun pengisian.

Seperti diketahui mobil yang dipasarkan di Indonesia mempunyai letak lubang tangki BBM berbeda beda, ada yang disebelah kiri atau kanan. Bija juga tergantung pada merek maupun model mobil yang digunakan.

Paling mudah memastikan dimana letak lubang tangki BBM tanpa turun dari mobil caranya mudah. Anda bisa mengetahuinya dengan melihat bentuk panah yang disebelahnya ada gambar dispenser BBM pada indikator bensin yang ada pada dashboard. Nah tanda panah atau segitiga sama sisi tersebut akan menunjukkan di mana lubang pengisian berada.