Xiaomi tampaknya bakal merambah sektor baru, yaitu PC, tepatnya desktop PC berukuran mini, setelah sebelumnya hanya punya perangkat laptop di ranah PC.

Perangkat ini tampaknya akan dirilis bersamaan dengan Xiaomi 13, yang sejatinya akan dirilis pada 1 Desember lalu. Namun peluncurannya ditunda karena masa berkabung di China setelah mantan presiden China Jiang Zemin meninggal dunia.

Setelah penundaan tersebut, kini muncul bocoran gambar dari mini PC yang bakal dirilis oleh Xiaomi tersebut. Ada dua perangkat yang gambarnya beredar, yaitu perangkat PC desktop yang tampaknya memakai format small form factor (SFF) dan mini PC mirip Mac Mini.

Pertama adalah PC SFF yang mungkin bernama Xiaomi Host Mini PC, yang tampil dalam bentuk barebone, alias tidak dilengkapi komponen seperti RAM, SSD, dan sejenisnya. Menariknya, power supply yang disertakan terbilang kecil, hanya berkapasitas 100W.

Artinya, meski tersedia slot untuk kartu grafis, pilihannya akan sangat terbatas karena tak banyak kartu grafis yang bisa “dihidupi” dengan daya cuma 100W. Atau bisa juga pada versi final nanti power supply yang disertakan punya daya lebih tinggi, atau mungkin bisa diganti sendiri oleh pengguna.

Hal menarik lainnya adalah plat metal pada bagian belakang casing yang dilengkapi gambar tombol Windows+M. Mungkin Xiaomi mau memberikan tombol shortcut — yang fungsinya untuk me-minimize semua aplikasi yang sedang terbuka — di casing PC.

Sementara itu di PC yang kedua, dengan bentuk mirip Mac Mini dan Intel NUC, sudah terungkap spesifikasinya. Yaitu menjalankan prosesor AMD Ryzen 7 6800H, sebuah API yang dilengkapi iGPU Radeon RDNA2 dan punya TDP 45W. RAM-nya 16GB dan storagenya 512GB. Harganya? Mungkin berkisar di angka USD 570 atau sekitar Rp 8 jutaan.