7 Cara Dekorasi Ruang Tamu yang Kecil biar Terlihat Luas

0
333

Ruang tamu menjadi salah satu ruangan yang penting diperhatikan dekorasi dan penataannya karena berada di bagian depan sebuah rumah.

Ruang tamu perlu didesain lebih baik dari ruangan lainnya lantaran dianggap dapat merepresentasikan pemilik rumah. Lalu, bagaimana cara mengoptimalkan dekorasi ruang tamu jika ruangan yang dimiliki berukuran sempit?

Hal yang harus Anda perhatikan adalah mengetahui betul cara dekorasi ruang tamu yang kecil agar terlihat lebih luas. Untuk mewujudkannya, Anda bisa memulai dengan penataan yang tepat dan menggunakan barang-barang yang multifungsi.

Berikut tujuh cara yang bisa diterapkan untuk panduan Anda mendekorasi dan mengatur ruang tamu yang tidak begitu luas alias sempit.

1. Ciptakan kesan ruangan lebih tinggi

Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menyulap ruangan agar terkesan lebih tinggi. Hal ini akan menimbulkan kesan ruangan yang lebih luas serta membuat ruang tamu Anda terasa lebih sejuk.

Apabila tidak punya bujet ekstra untuk membongkar ruang tamu, Anda bisa mengakalinya dengan memasang gorden di dekat langit-langit, alih-alih tepat di atas jendela.

Semakin panjang dan tinggi gorden digantung, maka akan memberi kesan ruangan yang luas. Sebaliknya, gorden yang digantung terlalu rendah dan berukuran tanggung hanya akan memberi kesan ruangan sesak dan sempit.

2. Sesuaikan ukuran dan jenis sofa

Gray sofa in pink living room and blank space for mockup, 3D rendering

Sofa yang besar dan gemuk hanya akan memakan tempat dan membuat ruang tamu Anda menjadi makin sempit.

Sesuaikan ukuran sofa yang akan Anda gunakan agar tidak banyak memakan ruangan dan membuat ruangan terasa lebih sempit. Bila memungkinkan, Anda bisa memilih kursi atau sofabed lipat daripada sofa set untuk mengisi ruang tamu Anda.

3. Letakkan perabot multifungsi

Perabot multifungsi bisa menjadi salah satu cara dekorasi ruang tamu yang kecil karena akan meminimalkan penumpukan barang di dalam ruangan.

Selain itu, menggunakan perabot multifungsi secara otomatis akan membuat rumah Anda terlihat lebih fleksibel dan fungsional. Salah satu contoh barang yang bisa dipilih adalah rak penyimpanan serbaguna sebagai penyekat ruangan.

Selain berguna untuk menaruh barang dan memajang hiasan di ruang tamu, rak ini juga berguna sebagai pemisah antardua ruangan tanpa harus menghilangkan kesan lapang.

4. Gunakan cat dengan warna terang

Ide lain untuk menjadikan ruang tamu Anda lebih luas adalah dengan menggunakan cat warna terang. Warna yang dimaksud adalah putih, krem, abu-abu muda dan warna-warna netral lainnya.

Warna terang dari cat tembok dipercaya dapat memberikan kesan lapang dan bersih pada ruangan, serta membuat ruangan menjadi lebih hidup dan tidak membosankan.

5. Gelar karpet

ilustrasi ruang tamu

Siapa sangka penggunaan karpet juga berperan untuk menimbulkan kesan ruangan yang lebih luas. Dengan bantuan karpet, ruangan akan terasa lebih hangat dan lembut sehingga ruangan pun akan terkesan lebih luas.

Karpet sendiri sangat cocok untuk konsep minimalis yang ingin Anda bangun agar ruang tamu Anda terkesan lebih luas. Pilih karpet berwarna cerah tanpa motif dan berukuran sedang sebagai pilihan terbaik.

6. Tambahkan cermin

Trik favorit interior desainer agar membuat ruangan menjadi lebih luas adalah dengan menambahkan cermin. Hal ini terbukti ampuh membuat ruangan tampak lebih besar karena dapat menambah cahaya dan dimensi ke ruangan.

Cara memilih cermin ini pun tidak bisa sembarangan. Pilihlah cermin yang besar serta diletakkan di posisi sudut ruangan pada dinding dan hindari posisi membelakangi cahaya untuk memaksimalkan fungsinya.

7. Gunakan tanaman hias kecil sebagai aksen hijau

Agar suasana rumah terkesan lebih asri, Anda dapat menambahkan beberapa tanaman kecil di beberapa sudut ruangan. Anda bisa memilih tanaman hias pendek seperti pilea, sukulen, jade plant, sirih gading, atau monstera yang cocok diletakkan dalam rumah.

Tanaman tidak hanya menambah kesan alami dan lebih hidup, tetapi juga dapat membangun kesan minimalis yang akan membuat ruangan jadi luas.

Itulah beberapa cara dekorasi ruang tamu yang kecil agar terlihat lebih luas. Anda bisa mencobanya sendiri agar rumah Anda semakin nyaman ditinggali.

Sumber : CNN [dot] COM