Pengumuman! Medco Milik Keluarga Panigoroi Garap PLTP Ijen

0
298

Entitas usaha PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC), PT Medco Cahaya Geothermal (MCG) teken Perjanjian Pembiayaan dengan PT Sarana Multi Infrastruktur (Persero) (SMI) untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi Ijen (PLTP Ijen). MCG sendiri merupakan perusahaan patungan antara Medco Power dengan Ormat Technologies (Ormat).

Tahap pertama pengembangan diharapkan menghasilkan 34 MW pada tahun 2025. Medco Cahaya Geothermal perusahaan milik bersama antara Medco Power dan Ormat Technologies (Ormat) akan mengembangkan dan mengoperasikan pembangkit listrik tenaga panas bumi pertama di Jawa Timur.

Direktur Panas Bumi Kementerian ESDM, Harris Yahya menyaksikan penandatanganan perjanjian ini. Turut hadir juga Adi Lumakso Direktur Manajemen Pembangkitan PT PLN (Persero), Hilmi Panigoro Direktur Utama MedcoEnergi, Doron Blachar CEO Ormat, Eka Satria Direktur Utama Medco Power dan Edwin Syahruzad Direktur Utama SMI.

“Penandatanganan ini merupakanmilestonelanjutan dari strategi perubahan iklim kami untuk memperluas portofolio energi terbarukan kami,” kata Hilmi Panigoro dalam keterangan resminya, dikutip Jumat (13/1/2023).

Eka Satria, Direktur Utama Medco Power menyampaikan penandatanganan ini untuk mengembangkan energi bersih dan terbarukan di Indonesia.

“Ini menyusul setelah selesainya PLTGU Riau sebesar 275MW dan PLTS Sumbawa sebesar 26MWp pada tahun 2022,” ungkapnya.

Doron Blachar,Chief Executive OfficerOrmat menambahkan, penandatanganan ini merupakan langkah lanjutan untuk mendukung ekonomi Indonesia menuju energi terbarukan yang bersih.

“Rencana jangka panjang Ormat untuk meningkatkan kehadiran di Indonesia baik sebagai pemilik pembangkit listrik maupun sebagai pemasok peralatan,” pungkasnya.

Edwin Syahruzad, Direktur Utama SMI menyatakan, proyek ini merupakanmilestoneuntuk memberikan kontribusi terhadap komitmen Indonesia terkait perubahan iklim.