Apple Warning Pengguna Jaga Jarak iPhone dari Dada 15 cm

0
268

Apple meminta pengguna untuk menjaga jarak aman 15 cm antara iPhone dengan dada mereka.

“Banyak perangkat elektronik konsumen mengandung magnet atau komponen dan radio yang memancarkan medan elektromagnetik,” tulis Apple dalam pengumuman resminya dikutip Senin (10/4/2023)

Peringatan ini ditujukan khusus untuk pengguna iPhone yang memiliki alat pacu jantung atau perangkat medis implan lainnya.

Apple menuliskan bahwa dalam kondisi tertentu medan magnet dan elektromagnetik dapat mengganggu perangkat medis.

Gangguan ini tidak hanya muncul dari perangkat iPhone, tetapi juga dari perangkat seluler lain seperti iPad, Airpods, dan Apple Watch. Selain itu, perangkat yang menggunakan MagSafe termasuk laptop Macbook, komputer desktop Mac, dan headphone Beats juga menyimpan potensi gangguan serupa.

Alat pacu jantung dan defibrillator implan mungkin saja berisi sensor yang merespons magnet dan radio saat bersentuhan.

Untuk menghindari kemungkinan interaksi dengan jenis perangkat medis ini, jaga jarak aman produk Apple dari perangkat medis dengan jarak aman 15 cm atau lebih dari 30 cm jika diisi daya secara nirkabel.

“Konsultasikan dengan dokter Anda dan produsen perangkat medis Anda untuk pedoman khusus,” kata mereka.

Jika pengguna menduga bahwa produk Apple mengganggu perangkat medis yang sedang digunakan, hentikan penggunaan produk Apple dan konsultasikan dengan dokter dan produsen perangkat medis.

Peringatan soal gangguan elektronik perangkat nirkabel diungkapkan pertama kali oleh penelitian University of Basel. Medan magnetik yang dipancarkan oleh perangkat elektronik nirkabel bisa menghentikan perangkat ICD, yaitu perangkat yang secara otomatis memacu jantung yang berhenti berdetak secara tiba-tiba (henti jantung).