Panduan wisata dunia Taste Atlas baru-baru ini merilis daftar 100 makanan paling populer di dunia edisi Januari 2023. Hidangan sate pun berhasil masuk dalam daftar tersebut mewakili Indonesia.

Dalam daftar yang dirilis lengkap, sate menjadi kudapan asal Indonesia dengan skor 4.4. Sate menempati ranking ke-86 dalam daftar tersebut.

“Sate adalah hidangan tradisional Indonesia yang terdiri dari daging ditusuk yang disajikan dengan saus di sampingnya,” tulis Taste Atlas dalam laman resminya.

Sate memang sudah banyak dikenal sebagai salah satu hidangan khas Indonesia oleh para pecinta kuliner di seluruh dunia. Sate merupakan salah satu kuliner khas Indonesia yang juga masuk dalam daftar 50 makanan terlezat di dunia versi media internasional tahun 2017.

Hidangan yang umumnya menggunakan daging kambing dan ayam ini memiliki cita rasa yang lezat dan menggugah selera. Tak heran jika makanan yang biasanya disajikan dengan sambal kacang ini sangat digemari semua kalangan.

Umumnya, daging dibumbui terlebih dahulu sebelum akhirnya dipanggang. Bumbunya pun bervariasi. Namun, umumnya daging akan dibumbui dengan kecap, gula, bawang putih, perasan jeruk nipis, dan bumbu kacang.

Sate diyakini berasal dari wilayah Jawa. Sajian ini berkembang di bawah pengaruh pedagang Muslim yang bermigrasi dari India.

Teori lain mengklaim bahwa sate diciptakan pada abad ke-19 oleh pedagang kaki lima Indonesia sebagai variasi kebab India. Teori ini didukung oleh fakta bahwa sate menjadi populer ketika imigran Muslim dan Arab telah menghuni Indonesia.

Sejak pertama kali muncul di Jawa, sate dengan cepat menyebar ke seluruh Asia Tenggara dan akhirnya ke seluruh dunia.

Di Indonesia, sate sudah menjadi makanan nasional dan bisa ditemukan di mana-mana, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran kelas atas.