Temukan Dunia Lain Di Bawah Antartika, Peneliti Kegirangan

0
245

Tak terbayangkan terdapat sebuah dunia lain yang ditemukan di bawah permukaan es Antartika. Namun ternyata sebuah penelitian berhasil menemukan adanya kehidupan di bawah sana.

 Lokasi penemuan dunia lain terdapat di The Rose Ice Shelf. Wilayah itu dikenal sebagai lapisan es terbesar dunia dan juga tempat sejumlah proyek penelitian selama bertahun-tahun.

Para peneliti menemukannya pada 1.640 kaki (500 meter) di bawah permukaan es. Mereka harus mengebor es dan menjatuhkan kamera ke dalam lubang bor itu untuk menemukan kehidupan lain di Bumi.

Hasilnya terlihat pada kamera beberapa bintik buram dan kecil berkedip. Ternyata itu bukanlah pertanda kamera rusak.

Temuan itu merupakan kawanan amphipoda kecil, yakni krustasea malacostracan tanpa karapas dengan badan lateral terkompresi yang biasa memakan bangkai hewan laut.

Penemuan dunia tersembunyi di bawah Antartika, menurut para peneliti merupakan adanya peranan dari ekosistem, dikutip dari BGR, Senin (20/2/2023).

Para peneliti mengatakan tak menyangka menemukan kehidupan apapun di bawah permukaan. Namun saat mendapatkan hasilnya, mereka mengaku langsung melompat kegirangan.

Temuan di Antartika ini jadi pencapaian luar biasa para peneliti. Selain juga diharapkan dapat terus menjelaskan wilayah paling dingin dan misterius di dunia itu.

Selain temuan itu, para peneliti menginginkan hal lainnya lagi. Yakni bisa memahami skenario iklim berbeda dan bisa mengubah Laut Ross.