Fitur Twitter Blue kini sudah tersedia bagi pengguna di Indonesia. Mereka yang ingin berlangganan Twitter Blue dipatok biaya sekitar Rp1,2 – 1,4 juta per tahun.

Sebelumnya, Twitter telah menjanjikan kehadiran Twitter Blue untuk pengguna yang ingin membayar. Mereka yang membayar Rp164 ribu per bulan bisa mendapatkan centang biru pada akunnya dan fitur lain layaknya influencer.

Pengumuman itu disampaikan perusahaan saat mengungkapkan informasi biaya berlangganan untuk layanan tersebut, Januari lalu. Twitter Blue itu dibanderol dengan harga US$11 per bulan atau sekitar Rp164 ribuan.

“Langganan baru Twitter Blue saat ini tersedia di web, iOS, atau Android,” bunyi keterangan Twitter di situs resminya.

Jika Anda membuka Twitter lewat situs, akan tampak ikon huruf ‘B’ dengan lambang Twitter di bagian tengahnya. Ikon itu terletak di sisi kiri, satu baris dengan ikon ‘Home’, ‘Search’, ‘Direct Message (DM), dan berada di bawah tanda ‘Bookmark’.

Mereka yang mengklik tanda tersebut akan melihat sebuah pesan timbul (pop up message). Di dalamnya akan muncul daftar biaya berlangganan dan fitur yang didapatkan.

“Pelanggan Twitter biru dengan nomor ponsel yang terverifikasi akan mendapat centang biru begitu selesai disetujui,” tulisnya.

Foto: Tangkapan layar twitter Biaya langganan Twitter Blue mencapai Rp1,2 juta
Foto: Tangkapan layar twitter
Biaya langganan Twitter Blue mencapai Rp1,2 juta

Di dalam daftar biaya, Twitter menyediakan dua pilihan. Pertama, pengguna yang ingin biayanya ditarik pre tahun akan dikenakan biaya Rp104.167 per bulan atau Rp1.250.000 satu tahun.

Kedua, pengguna yang ingin biaya ditarik setiap bulan harus membayar Rp120.000. Jika mengklik tanda langganan, pengguna selanjutnya akan diarahkan untuk memverifikasi nomor ponsel.

“Verifikasi nomor ponsel Anda untuk berlangganan Twitter Blue. Proses ini hanya membutuhkan beberapa menit,” tulisnya.

Lebih Mahal di Android dan iOS

Lebih lanjut, Biaya berlangganan Twitter Blue lewat Android dan iOS lebih mahal dibanding web. Twitter mematok US$8 atau sekitar Rp 125 ribuanper bulan untuk Twitter Blue via web.

Selisih harga ini boleh jadi lantaran Bos Twitter Elon Musk enggan membayar komisi pembelian di Apple Store dan Google Play Store. Walhasil, pengguna kedua toko aplikasi itu harus membayar lebih.

Pengguna layanan Twitter Blue langsung mendapatkan sederet fitur eksklusif. Termasuk centang biru yang sebelumnya hanya bisa didapatkan oleh selebriti, politisi, jurnalis, influencer dan orang ternama lainnya.

Berikut sederet fitur yang bisa dinikmati jika berlangganan Twitter Blue:

– Memiliki centang biru

– Terdapat Folder bookmark

– Ikon aplikasi yang bisa dikustomisasi

– Fungsi Undo Tweet

– Tema aplikasi yang bisa dipilih

– Navigasi yang bisa dikustomisasi

– Top Articles

– Fitur Reader untuk membaca thread panjang

– Upload Video dengan durasi lebih panjang