Viral di Media Sosial, Apa Itu Transable?

0
286

Istilah transabled atau transable ramai dibicarakan di TikTok. Tapi apa itu transable?

Anda mungkin langsung memikirkan istilah transgender di mana itu berarti orang yang memilih identitas gender berbeda dengan jenis kelamin biologisnya.

Seperti transgender, kaum transable merasa satu atau lebih anggota tubuh atau fungsi tubuhnya bukan miliknya sendiri.

“Transabilitas(transability)adalah keinginan atau kebutuhan seseorang yang diidentifikasi sebagai berbadan sehat oleh orang lain untuk mengubah tubuhnya untuk mendapatkan gangguan fisik,” jelas Alexandre Baril, profesor studi feminis, gender dan seksualitas dan sesama, seperti dilaporkan NZ Herald.

Mungkin bisa dibilang, kaum transable adalah mereka yang memilih untuk memiliki kondisi disabilitas. Hal ini mungkin terdengar aneh sebab kalau tubuh baik-baik saja, kenapa memilih untuk cacat?

Mark Comer, pria transable, mencoba menceritakan pengalamannya. Dirinya menolak keberadaan kaki kirinya sejak usia enam tahun. Namun pikiran aneh ini disembunyikan selama beberapa dekade.

“Kecemasan. Semacam itu paling cocok dengan deskripsinya. Frustasi sangat parah. Tidak ada yang ada dalam pikiranku selain menyingkirkan kaki yang sakit ini,” kata Comer seperti dilaporkan ABC News pada 2013 silam.

Pada 1996, dia merasakan titik puncak frustasi dan keinginan untuk melepas kaki kirinya di ulang tahunnya yang ke-38. Comer pun ke toko peralatan taman, membeli penghalang parkir beton.

Benda ini pun dijatuhkan ke kaki kirinya, berharap itu cukup mengharuskannya untuk amputasi. Dia merasa aneh sebab kaki yang terhantam beton tidak terasa sakit. Setelah mengontak 911, ia menyembunyikan kisah sebenarnya.

Hanya saja, luka itu tidak sampai membuatnya diamputasi. Tulang tetap utuh tetapi ligamen lutut rusak. Kondisi tersebut ditambah cedera punggung akhirnya membuat Comer memakai kursi roda.

Apa fenomena ini bisa dibilang berkaitan dengan masalah kesehatan mental?

Para ahli tidak kompak menanggapi isu ini. Mereka terbelah antara anggapan bahwa fenomena transable berkaitan dengan masalah saraf atau cenderung mengarah pada masalah kesehatan mental.

Itulah penjelasan tentang apa itu transable.

Sumber : CNN [dot] COM