Aplikasi Gmail di HP Makin Canggih, Bisa ‘Baca Pikiran’ Anda

0
176
Google memperkenalkan Gmail Go, layanan serupa Gmail yang tidak makan memori. (dok. Google)

Aplikasi Gmail di perangkat mobile (HP dan tablet) kini sudah dilengkapi teknologi kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI). Fitur ini diluncurkan secara bertahap mulai Jumat (2/6) lalu.

Dalam blog resminya, Google berjanji akan menyediakan fitur ini secara merata ke semua pengguna dalam 15 hari ke depan.

Teknologi AI pada aplikasi Gmail mobile lebih berfokus untuk meningkatkan pengalaman pencarian. Ketika memasukkan kata kunci (keyword) pada boks pencarian, email yang disodorkan diklaim akan lebih tepat sasaran.

Bisa dibilang AI ini seakan mampu ‘membaca pikiran’ pengguna. Tak perlu lagi menghabiskan waktu lama untuk menemukan email di tumpukan inbox.

Sebelumnya, ketika mencari email dengan keyword tertentu, biasanya hasil yang muncul justru tak relevan. Apalagi jika keyword yang dimasukkan terpatri di banyak email pada inbox.

Dengan AI, aplikasi Gmail akan menampilkan 2 kategori saat melakukan pencarian. Masing-masing adalah ‘Top Results’ dan ‘All Results’.

Top Results adalah hasil pencarian dari model machine learning (mesin pembelajar) yang disisipkan AI. Model ini akan membaca pola pencarian Anda dan menambahkan beberapa faktor lain untuk memberikan hasil pencarian yang tepat.

“Ini adalah fitur yang memberikan informasi paling relevan bagi pengguna. Anda bisa lebih cepat dan mudah mencari email atau file spesifik,” tertera dalam blog resmi Google.