Universitas Gunadarma: Memperluas Jejaring Internasional Aktif dalam NAFSA 2023

0
231
NAFSA 2023 (Sumber: @NAFSA)

Jakarta – Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menggandeng Universitas Gunadarma beserta tiga belas Universitas lainnya di Indonesia menunjukkan komitmen dalam melakukan internasionalisasi perguruan tinggi di Indonesia dengan berpartisipasi dalam Pameran Akbar NAFSA 2023 yang diadakan di Washington DC, Amerika Serikat pada tanggal 30 – 2 Juni 2023. Pameran Akbar NAFSA (Association of International Educators) ini merupakan sebuah forum terkemuka dalam mempromosikan kerjasama akademik internasional dan pertukaran budaya di dunia pendidikan tinggi. Acara bergengsi ini merupakan kesempatan yang luar biasa bagi universitas dalam memperluas jaringan global, mempromosikan keunggulan akademik, serta memperkenalkan perguruan tinggi di Indonesia kepada dunia internasional.

Universitas Gunadarma memandang keberagaman sebagai aset berharga yang harus dihargai dan diintegrasikan dalam pelaksanaan tridharma perguruan tinggi. Dalam pameran kali ini, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi mengusung tema yang bertajuk “Inspiring an Inclusive Future”, Masa depan yang inklusif adalah visi yang menginspirasi, di mana masyarakat global membangun dunia yang menghargai, merangkul, dan memperkaya keberagaman dalam segala aspek kehidupan. Sebagai salah satu universitas swasta terkemuka di Indonesia, Universitas Gunadarma telah membentuk reputasi yang solid dalam menciptakan lulusan berkualitas yang mampu bersaing ditingkat global.

Melalui pendekatan yang inklusif, Universitas Gunadarma mengakui keanekaragaman manusia dan alam sebagai sumber daya yang tak ternilai dalam mencapai tujuan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Keberhasilan Universitas Gunadarma telah dibuktikan dengan dihasilkannya para lulusan yang memiliki keahlian serta kompetensi yang mumpuni dan di rekognisi baik dalam skala nasional maupun internasional. Dalam kesempatan ini, Universitas Gunadarma berkomitmen untuk memperkenalkan potensi dan pencapaian unggulan dalam bidang pendidikan, penelitian, dan inovasi kepada para peserta, pengunjung, dan mitra potensial.

Keterlibatan Universitas Gunadarma dalam NAFSA 2023 tidak terlepas dari peran Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi serta Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Washington D.C yang telah menunjuk Universitas Gunadarma sebagai salah satu perguruan tinggi yang mewakili Indonesia. Partisipasi Universitas Gunadarma pada NAFSA 2023 juga selaras dengan kebijakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Republik Indonesia tentang delapan indikator kinerja utama (IKU) perguruan tinggi dalam rangka mewujudkan transformasi kualitas pendidikan di Indonesia. Delegasi Kemendikbud Ristek serta perguruan tinggi akademik dan vokasi dipimpin oleh plt. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dr. Sri Gunani dan dikoordinasikan oleh Koordinator Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat Setditjen Dikti Ristek Yayat Hendayana, S.S., M.Si.

Universitas Gunadarma dimana saat ini telah memiliki lebih dari 46 program studi pada jenjang Strata-1 hingga Strata-3. Universitas Gunadarma juga telah berhasil membuka enam Program Studi di Luar Kampus Utama yang berlokasi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, dimana lokasi tersebut berdekatan dengan Ibukota Nusantara di Kalimantan Timur. Beberapa Program Studi juga telah mendapatkan sertifikat akreditasi internasional. Hal ini membuktikan bahwa penyelenggaraan pendidikan tinggi yang dilangsungkan oleh Universitas Gunadarma telah memenuhi standarisasi kualitas internasional. Melalui kegiatan NAFSA 2023, diharapkan mampu memberikan pemantik dan pemicu pada program-program yang telah ada dan menghasilkan penjalinan kerjasama baru untuk menciptakan iklim internasional pada civitas akademika Universitas Gunadarma semakin beragam dan berkembang.

Universitas Gunadarma akan mempromosikan berbagai keunggulan tersebut dengan komunitas pendidikan internasional melalui partisipasinya dalam Pameran Akbar NAFSA 2023. Universitas Gunadarma akan membawakan kekhasan program studi yang beragam, fasilitas modern, dan pendekatan inovatif dalam pengajaran dan pembelajaran, kolaborasi penelitian dan proyek inovatif yang melibatkan dosen, mahasiswa, serta mitra industri dan pemerintah. Langkah ini menjadi hal yang penting bagi universitas untuk meningkatkan academic exposure serta dalam mengintegrasikan kegiatan internasional ke dalam strategi dan perencanaan strategi yang tepat untuk memperkuat dimensi internasional dan meningkatkan posisi Universitas Gunadarma dalam tatanan global.

Sebagai platform kerjasama, peserta pameran akan memiliki kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan perwakilan dari Universitas Gunadarma untuk mendapatkan informasi lebih lanjut tentang kesempatan studi di Universitas Gunadarma, dan menjalin hubungan yang erat dengan fakultas dan staf kami. Semua pihak yang hadir di Pameran Akbar NAFSA 2023 diundang untuk mengunjungi stan Universitas Gunadarma dan merasakan sendiri dedikasi Universitas Gunadarma dalam menciptakan lingkungan belajar yang berkualitas tinggi, menginspirasi, dan multikultural. Universitas Gunadarma mentargetkan partisipasi dalam acara ini menjadi langkah penting dalam memperluas jaringan global, mempromosikan pertukaran akademik, dan memperkaya pengalaman pendidikan bagi semua pihak yang terlibat.