AI Ramal Bumi Berubah Total 50 Tahun Lagi, Tak Terbayangkan

0
159
AI Content Genome. (Foto: Disney)

ChatGPT meramal keadaan bumi 50 tahun ke depan. Namun chatbot viral besutan OpenAI itu mengatakan bahwa prediksi penemuan dan teknologi masa depan itu penuh ketidakpastian dan spekulatif.

“Memprediksi penemuan dan teknologi masa depan untuk 50 tahun ke depan sangat spekulatif, karena melibatkan banyak variabel dan ketidakpastian,” kata chatbot tersebut.

Unilad menanyakan ke ChatGPT soal penemuan-penemuan revolusioner yang mempengaruhi hidup manusia dalam 5 dekade mendatang.

AI itu memperingatkan bahwa prediksinya belum tentu benar. Prediksi tersebut bergantung pada beberapa faktor selama setengah abad berikutnya.

“Penting untuk dicatat bahwa prediksi ini bersifat spekulatif dan dapat berubah berdasarkan berbagai faktor seperti penemuan ilmiah, kebutuhan masyarakat, kondisi ekonomi, dan terobosan tak terduga,” kata ChatGPT.

“Masa depan penuh dengan kemungkinan. Menarik untuk melihat penemuan dan teknologi apa yang akan membentuk hidup kita dalam 50 tahun ke depan,” pungkasnya.

8 Teknologi masa depan menurut chatGPT

Setidaknya ada 8 tren yang akan terjadi dalam 5 dekade ke depan, sebagai berikut:

Kecerdasan Buatan Lanjutan (AI)

AI diprediksi terus berkembang dan mengarah ke bidang yang lebih luas. Teknologi ini akan merevolusi industri, mulai dari perawatan kesehatan, transportasi, hiburan, dan pendidikan.

Komputer kuantum berpotensi memecahkan masalah yang kompleks jauh lebih cepat ketimbang komputer klasik. Seiring kemajuan teknologi, manusia dapat menyaksikan terobosan dalam kriptografi, penemuan obat, dan ilmu material.

Inovasi Energi Terbarukan

Meningkatnya kepedulian terhadap perubahan iklim membuat teknologi pengembangan energi terbarukan lebih berjaya. Teknologi dari energi surya, angin, dan penyimpanan energi dapat mengarah pada masa depan yang lebih berkelanjutan dan bersih.

Rekayasa Genetika dan Pengobatan Terpersonalisasi

Kemajuan dalam teknologi pengeditan gen seperti CRISPR-Cas9 dapat merevolusi perawatan kesehatan. Obat-obatan yang dipersonalisasi berdasarkan susunan genetik seseorang akan menjadi lebih umum.

Hal ini memungkinkan perawatan yang lebih terarah dan pencegahan penyakit yang lebih baik.

Eksplorasi dan Koloni Manusia di Luar Angkasa

Makin banyak perusahaan ruang angkasa swasta yang bermunculan. ChatGPT meramalkan terjadinya aktivitas eksplorasi luar angkasa. Selain itu, akan ada juga kolonisasi lahan di planet luar Bumi, seperti Mars.

Tren ini bisa membuka jalan bagi penemuan ilmiah baru, pemanfaatan sumber daya, dan potensi masyarakat multi-planet.

Antarmuka Otak-Komputer (BCI)

BCI memungkinkan komunikasi langsung antara otak manusia dan mesin, yang mengarah pada kemajuan prostetik, realitas virtual, dan bahkan potensi untuk meningkatkan kemampuan kognitif.

Kemajuan Internet of Things (IoT)

IoT kemungkinan akan terus berkembang, sehingga benda-benda bisa berinteraksi satu sama lain tanpa campur tangan manusia. IoT akan mengarah pada peningkatan otomatisasi, efisiensi, dan konektivitas di berbagai bidang. Misalnya kota pintar, transportasi, dan perawatan kesehatan.

Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Teknologi AR dan VR diperkirakan akan meningkat secara signifikan, mengubah cara manusia berinteraksi dengan konten digital, hiburan, dan pendidikan. Teknologi ini juga dapat diterapkan dalam pelatihan, terapi, dan kolaborasi jarak jauh.

Robotika Tingkat Lanjut

Robotika dan otomasi akan terus berkembang, mengarah pada peningkatan kemampuan di berbagai bidang seperti manufaktur, perawatan kesehatan, pertanian, dan eksplorasi. Robot kolaboratif, kerangka luar, dan kendaraan otonom hanyalah beberapa contoh.

Pertumbuhan populasi global beriringan dengan masalah lingkungan yang timbul. Kemungkinan juga mendorong peningkatan fokus pada praktik pertanian berkelanjutan, pertanian vertikal, daging yang ditanam di laboratorium, dan teknologi produksi pangan yang inovatif.