Aplikasi Pembunuh Twitter Milik Instagram Muncul di App Store

0
152

Aplikasi saingan Twitter buatan Instagram dikabarkan sudah tersedia di App Store pekan ini. Nama aplikasi tersebut adalah Threads.

Threads adalah aplikasi mikroblogging yang bisa dibilang kembaran Twitter. Ada di bawah Instagram, Threads dikabarkan sebagai versi “berbagi tulisan” dari aplikasi berbagi foto dan video tersebut.

Menurut Reuters, Threads sudah muncul di App Store, toko aplikasi untuk iPhone dan akan dirilis pada Kamis. Pengguna Threads nantinya bisa menggunakan nama akun Instagram mereka dan mengikuti akun yang sama.

Waktu peluncuran Threads untuk HP Android lewat Play Store belum bisa dipastikan.

Rencana peluncuran Threads muncul beberapa hari setelah Elon Musk membuat heboh dengan membatasi twit yang bisa dibaca oleh pengguna Twitter setiap hari. Untuk membaca twit, pengguna internet kini harus login ke akun Twitter mereka. Sebelumnya, twit yang disetel untuk publik bisa dibaca oleh siapa pun termasuk orang yang tidak memiliki akun Twitter.

Pembatasan juga berlaku bagi penggunaan TweetDeck. Hanya pengguna yang terverfikasi bisa menggunakan perangkat “pemantau” Twitter tersebut.

Menurut ahli industri iklan, langkah Musk yang bertujuan untuk membatasi “pemanenan data” di Twitter bakal direspons negatif oleh pengguna Twitter. Selain itu, kebijakan Musk membuat CEO baru Twitter, Linda Yaccarino, tampak tak punya kekuasaan.

Elon Musk Vs Mark Zuckerberg

Musk sempat memberikan responsnya soal rencana peluncuran Threads. Menurut dia, jika Meta mengembangkan pesaing Twitter, maka perusahaan itu akan secara penuh memonopoli industri media sosial.

Pasalnya, saat ini Meta sudah memiliki Facebook, Instagram dan WhatsApp. Ia khawatir isu keamanan yang selama ini menjadi masalah di dalam internal Meta akan membahayakan masyarakat.

“Saya yakni dunia akan secara eksklusif berada di bawah kendali Zuck. Tak ada pilihan lain. Setidaknya, ini akan menimbulkan kekacauan,” kata Musk melalui tweet.

Warganet ikut ambil peran dengan memanas-manasi Musk dan mengatakan ia perlu berhati-hati. Sebab, Zuckerberg kini sudah menguasai olahraga bela diri Ju Jitsu.

Musk menjawab santai, “saya siap bertarung di dalam kandang”.

Tak menunggu lama, Zuckerberg pun menantang balik dengan menanyakan lokasi untuk bergelut. Ia membagikan tangkapan layar tweet Musk melalui Instagram Story.

“Kirimkan saya alamatnya [untuk adu jotos],” kata orang terkaya ke-9 di dunia tersebut.