Orang Terkaya Dunia Jual HP 4G Murah, Mulai Harga 182 Rb

0
162

Perusahaan telekomunikasi milik orang terkaya nomor 9 di dunia, Jio, akan meluncurkan ponsel berfitur 4G dengan harga murah yakni 999 rupee (Rp 182 ribu).

Ini menjadi upaya terbaru mereka untuk merebut pangsa pasar di pedalaman India yang masif dan kurang ditembus oleh pemain lain.

Jio, yang terkenal sebagai pendobrak industri telekomunikasi India dengan memperkenalkan tarif internet harga diskon, akan meluncurkan ponsel entry-level yang dilengkapi dengan layanan internet seperti pembayaran digital untuk menjangkau mereka yang belum bermigrasi ke smartphone.

“Masih ada 250 juta pengguna ponsel di India yang tetap ‘terperangkap’ di era 2G disaat dunia sedang ada di puncak revolusi 5G,” katan Chairman Reliance Jio Akash Ambani, dikutip dari Reuters pada Rabu (5/7/2023).

Langkah tersebut juga dapat membantu Jio memperkuat kepemimpinannya dalam basis pengguna telekomunikasi yang telah melampaui 439 juta, jauh di depan saingan Vodafone Idea dan Bharti Airtel.

Jio pada tahun 2021 sudah pernah meluncurkan smartphone 4G JioPhone seharga 6.499 rupee. Namun menurut studi pasar oleh IIFL Securities pada bulan Mei, setelah lonjakan penjualan di awal mereka kesulitan untuk menemukan konsumen, bahkan setelah diskon harga diberikan.

Saat ini, akun ponsel berfitur 4G kurang dari 1% dari penjualan ponsel berfitur di India, menurut Counterpoint Research.

“Transisi ponsel fitur ke smartphone telah melambat karena kurva pembelajaran yang tinggi untuk banyak pengguna pedesaan India dan Jio Bharat bertujuan untuk menjembatani kesenjangan itu,” kata Tarun Pathak, analis di Counterpoint Research.

Ponsel fitur adalah model HP yang memiliki fungsionalitas lebih tinggi daripada perangkat dasar, tetapi tidak memilik kemampuan “komputer” seperti smartphone.

“4G masih merupakan peluang yang signifikan di India mengingat perangkat 5G tetap sulit dipahami dari segmen di bawah 10.000 rupee dan juga akan membantu Jio dalam memberikan rasa kepada konsumen jika ekosistem layanannya,” tambah Pathak.

Uji coba beta untuk 1 juta HP 4G diberi nama Jio Bharat tersebut akan dimulai pada 7 Juli akan berlangsung di 6.500 tehsil atau sub-distrik di India.

Tahun lalu, induk Jio, Reliance Industries, mengatakan sedang bekerja dengan Google untuk meluncurkan smartphone 5G murah, tetapi belum memberikan pembaruan lebih lanjut tentang peluncurannya.

Mukesh Ambani, pemilik Reliance Industries adalah miliarder yang menempati posisi ke-9 di daftar orang terkaya dunia yang dihimpun Forbes. Menurut Forbes, kekayaan Ambani mencapai US$ 83,4 miliar.