Baru, Cara Share Screen di WhatsApp Saat Video Call

0
156
Sekarang Pesan WhatsApp hanya dapat satu kali diforward
Sekarang Pesan WhatsApp hanya dapat satu kali diforward

WhatsApp resmi meluncurkan kemampuan baru dalam fitur video call. Pengguna bisa berbagi layar atau screen sharing dalam satu panggilan video.

Kemampuan ini sama seperti yang sudah dihadirkan pada platform video conference seperti Zoom. Jadi, pengguna bisa membagikan file hingga foto bersama pengguna lainnya dalam video call.

“Pengguna bisa berbagi dokumen untuk pekerjaan, menelusuri foto dengan keluarga, merencanakan liburan atau belanja online dengan teman, atau membantu kakek-nenek terkait hal teknis. Screen sharing memungkinkan Anda berbagi tampilan layar secara langsung selama melakukan panggilan,” kata WhatsApp, dikutip dari Fone Arena, Rabu (9/8/2023).

Untuk melakukan screen sharing, Anda tinggal menekan ikon ‘Share’. Berikutnya, pilih opsi untuk membagikan bagian spesifik atau seluruh layar ke dalam antarmuka panggilan video WhatsApp.

Saat mengaktifkan mode screen sharing, maka seluruh tampilan layar akan otomatis terekam. Hasil rekamannya juga akan dibagikan ke penerima. Pengguna dapat menghentikan mode ini melalui setelan yang tersedia.

Berbagi layar juga hadir dalam mode lanskap. Jadi, pengguna lain bisa memiliki pengalaman melihat dan berbagi dengan smartphone lebih baik.

Fitur screen sharing telah diluncurkan dan tersedia bagi beberapa pengguna yang sudah menginstal aplikasi WhatsApp versi terbaru. Sebelumnya, fitur ini telah diuji dalam versi beta di Android pada bulan Mei dan satu bulan kemudian tersedia untuk Windows.

Dalam laporan Financial Express pada Mei lalu, fitur ini tidak bisa diaktifkan dalam panggilan video untuk grup besar. Hingga kini belum jelas berapa banyak orang yang bisa menggunakan screen sharing dalam video call.