Pertarungan Taliban: AS mungkin mengirim 3.000 tentara lagi ke Afghanistan

0
1381

Departemen militer dan negara bagian AS merekomendasikan pengiriman setidaknya 3.000 lebih tentara AS ke Afghanistan untuk memerangi Taliban, lapor media AS.

Para pemimpin militer juga akan mendapatkan kembali wewenang untuk menargetkan para pemimpin Taliban dengan serangan udara di bawah proposal tersebut.
Presiden Donald Trump belum menyetujui rencana tersebut, kata beberapa pejabat yang tidak disebutkan namanya. Ini mungkin termasuk permintaan bahwa negara-negara NATO lainnya mengirim 3.000-5.000 tentara.
Ada 13.000 tentara NATO saat ini di negara ini, 8.400 di antaranya Amerika Serikat.
Operasi tempur AS melawan Taliban secara resmi berakhir pada 2014, namun pasukan khusus terus memberikan dukungan kepada pasukan Afghanistan.

Pada bulan Februari, komandan pasukan AS di Afghanistan Jenderal John Nicholson mengatakan kepada sebuah komite Senat bahwa ada “kekurangan beberapa ribu”.
Dia mengatakan bahwa dia membutuhkan lebih banyak pasukan untuk memecahkan “jalan buntu”.
Apa yang akan Trump lakukan terhadap Taliban?
 Siapakah Taliban?
 Inggris diminta mengirim lebih banyak tentara ke Afghanistan

Bulan lalu, Taliban mengumumkan dimulainya “serangan musim semi” mereka seminggu setelah menewaskan setidaknya 135 tentara Afghanistan di sebuah kompleks militer di dekat kota utara Mazar-e Sharif.
Kelompok tersebut mengatakan akan menggunakan militer di samping taktik politik dan bahwa target utamanya adalah kekuatan asing.
Pada hari Sabtu, militan Taliban merebut sebuah distrik hanya beberapa kilometer ke arah barat Kunduz dalam usaha mereka untuk mengambil kota utara tersebut. Ribuan keluarga terpaksa meninggalkan rumah mereka.
Laporan terbaru menunjukkan bahwa Taliban sekarang juga mengendalikan jalan utama ke timur kota yang menghubungkan provinsi ini ke timur laut dan juga merupakan jalur pasokan utama untuk ibu kota, Kabul.

Untuk mengerti, lihatlah ke Kunduz: Analisis oleh wartawan BBC Justin Rowlatt
Jika Anda ingin tahu mengapa tim Trump mempertimbangkan untuk menggelar lebih banyak tentara di Afghanistan, tidak terlihat lagi dari kota Kunduz.
Serangan Taliban lainnya di markas strategis sedang berlangsung, operasi besar pertama dari “serangan musim semi” gerakan pemberontak tersebut diumumkan dua pekan lalu.
BBC telah mengetahui bahwa tiga komandan utama telah dikonsep untuk memimpin pengepungan terbaru ini di sebuah kota yang telah berhasil dihuni Taliban dua kali dalam dua tahun terakhir.
Ini adalah bukti lebih lanjut tentang kemajuan gerakan yang mantap sejak akhir resmi misi tempur NATO dua setengah tahun yang lalu.
Pada bulan Maret, pejuang Taliban merebut kembali distrik kunci Sangin di provinsi selatan Helmand, mengkonsolidasikan pegangan mereka yang sudah ketat di wilayah yang ratusan tentara Inggris dan AS mati berusaha untuk melindungi.
Taliban sekarang diperhitungkan untuk menguasai sepertiga dari seluruh negeri. Memang, pertanyaan besarnya adalah apakah beberapa ribu pasukan asing tambahan akan cukup untuk mengubah arus.

Pejabat AS mengatakan bahwa rencana baru tersebut akan secara signifikan memperluas peran tempur untuk pasukan AS, dan memberi wewenang kepada Pentagon, bukan Gedung Putih, untuk menentukan jumlah pasukan.
Presiden Trump diperkirakan akan mengambil keputusan sebelum menghadiri pertemuan tingkat tinggi NATO di Brussels pada 25 Mei.


Peta Afghanistan

Presiden AS sebelumnya, Barack Obama, menetapkan tenggat waktu untuk mengurangi jumlah tentara AS di negara tersebut dan melepaskan wewenang Pentagon untuk secara langsung menargetkan kepemimpinan Taliban.
Namun, dia terpaksa meninggalkan target pengurangan pasukan.

 

sumber http://www.bbc.com/news/world-asia-39854702

Fauzan Hanif 13113319

4KA14

#TugasSoftSkill