China Menyelesaikan Jalur Kereta Api Berkecepatan Tinggi Terpanjang di Dunia

0
382
bullet train

BEIJING: Jalur kereta api berkecepatan tinggi China yang membuat lapangan besar untuk bersaing di India dan pasar global telah menyelesaikan lebih dari 20.000 km jalur jaringan di negara ini, menjadi jaringan kereta peluru terpanjang di dunia.

Kereta api berkecepatan tinggi menghubungkan Zhengzhou di provinsi Henan tengah China dengan Xuzhou di Provinsi Jiangsu timur dibuka hari ini.

Dengan pengoperasian jalur baru, jalur kereta api berkecepatan tinggi China telah melampaui 20.000 km panjang total, terpanjang di dunia.

Jalur 360 km menghubungkan jalur kereta api berkecepatan tinggi di barat dengan dua jalur utara-selatan utama, membantu mengurangi waktu tempuh antara barat dan timur.

Waktu tempuh antara Xi’an dan Shanghai dipotong sampai enam jam dari hampir 11 jam. Jalur ini memiliki sembilan stasiun dan kereta berjalan dengan kecepatan hingga 300 kilometer per jam pada periode awal.

Pembangunan jalur dimulai pada bulan Desember 2012 dan operasi uji dimulai pada bulan April 2016.

China bersaing dengan Jepang untuk memasarkan jaringan kereta peluru (Bullet Train) di India dan berbagai negara lainnya.