fatamorgana

Rekaman video menunjukkan ‘laut hantu’ yang aneh di gurun China yang luas.

Kefanaan muncul pada 30 Mei di tepi Pegunungan Flaming di Kabupaten Shanshan.

Rekaman menunjukkan wisatawan pada platform melihat mengambil gambar dari fenomena tersebut.


Dalam cuplikan, riak hampir terlihat seperti ombak bisa terlihat di kejauhan.

Menurut CGTN, efek gelombang terjadi saat sinar cahaya menembus lapisan udara dengan kepadatan yang berbeda. Mereka kemudian merefleksikan untuk menunjukkan citra objek yang jauh.

Hal ini sering disebut sebagai ‘Fata Morgana’.

Apa itu fatamorgana

Fata Morgana adalah sejenis fatamorgana yang mendistorsi benda jarak, dan bisa dilihat di daratan atau laut. Hal itu disebabkan saat matahari memanas di atas atmosfer atau lautan, yang menciptakan gradien suhu. Udara yang dekat dengan permukaan relatif dingin dan diatasnya adalah lapisan udara yang lebih hangat. Saat cahaya menyentuh batas antara dua lapisan atmosfir yang memiliki suhu berbeda – dan akibatnya kepadatannya berbeda – ia membungkuk dan bergerak dengan sudut yang berbeda. Otak kita mengasumsikan bahwa cahaya bergerak dalam jalan yang lurus, jadi ketika membelok, kita mengira objeknya berada di tempat yang akan terjadi jika jalan cahaya lurus.

Fata Morgana adalah sejenis fatamorgana yang mendistorsi benda jarak, dan bisa dilihat di daratan atau laut.

Ini adalah kejadian umum di provinsi Xinjiang di barat laut Cina. Pengunjung bisa melihat fatamorgana dari bulan Mei sampai Oktober saat cuaca agak hangat.

Pegunungan Flaming terletak di utara Turpan. Ini adalah tempat terpanas di China dengan suhu tertinggi mencapai sekitar 47 derajat di musim panas.

Pegunungan terletak di wilayah yang paling tidak terjangkau di bumi dan berjarak 1.550 mil dari garis pantai terdekat.

Daerah itu menjadi populer berkat sebuah novel klasik Tiongkok, The Journey to the West yang kemudian berubah menjadi sebuah film.