Lensa Kontak Baru ‘Bisa Menyebabkan Penglihatan Hilang’

0
119

Ahli mata memperingatkan risiko mengenakan lensa kontak baru di Halloween, dengan mengatakan bahwa mereka dapat menyebabkan infeksi dan goresan yang tidak enak ke mata.

Lensa kontak kosmetik sering dijual dalam toko biasa dan toko pakaian mewah dan di situs web, namun mereka dijual tanpa petunjuk penggunaan yang aman.

Profesional mata-kesehatan mengatakan bahwa lensa baru seharusnya tidak pernah dibagikan ke orang lain, disimpan di air keran atau disimpan dalam semalam.

Dalam kasus ekstrim, hal ini dapat menyebabkan gangguan penglihatan.

Asosiasi Dokter Mata mengatakan anggotanya sering melihat orang-orang dengan masalah mata setelah memakai lensa baru.

Dikatakan bahwa para peserta pesta hanya boleh memakai lensa yang dijual dengan pengawasan profesional kesehatan mata yang terdaftar.

Mr Badrul Hussain, ahli bedah mata spesialis bedah mata di Rumah Sakit Mata Moorfields, mengatakan bahwa dia merawat pasien setiap tahun, termasuk anak-anak di bawah usia 16 tahun, yang telah mengecek kondisi mata setelah memakai lensa kontak.

Dia mengatakan bahwa masalah mata cenderung meningkat di sekitar Halloween.

“Beberapa kasus yang kami lihat, seperti pasien yang berbagi lensa dengan teman-teman, memakai pasangan yang sama tahun demi tahun melewati masa kadaluwarsa, dan menyimpannya di air keran, memiliki dampak buruk,” katanya.

“Tidak mengetahui dasar-dasar penggunaan lensa kontak dengan aman dapat membuat Anda berisiko tinggi terkena luka mata yang menyakitkan dan, pada kasus terburuk, berisiko kehilangan penglihatan permanen.”

Cara menggunakan lensa kontak baru dengan aman

  • Pastikan ahli kacamata telah memeriksa lensa kontak dan aman untuk digunakan
  • Jaga agar lensa tetap bersih dengan menggunakan larutan lensa kontak yang disarankan
  • Jangan gunakan lensa sepanjang malam
  • Jangan menukar lensa kontak atau membaginya dengan orang lain
  • Jangan sampai mereka bersentuhan dengan air, di kamar mandi atau kolam renang
  • Kenali hukum – adalah ilegal untuk menjual lensa kontak tanpa pengawasan profesional