Paus Franciscus Berbicara Tentang Kekerasan Terhadap Perempuan

0
1720

Paus Franciscus, yang sedang melakukan kunjungan ke Peru, telah berbicara tentang kekerasan terhadap perempuan di Amerika Latin.

Berbicara di sebuah misa di kota utara Trujillo, Paus menyebut kekerasan tersebut sebagai “wabah penyakit” yang perlu diperangi di seluruh wilayah.

Menurut PBB, separuh dari 25 negara dengan jumlah pembunuhan terbesar perempuan berada di Amerika Latin.

“Ada begitu banyak kasus kekerasan yang terus membungkam banyak dinding,” kata Paus pada hari Sabtu.

“Saya meminta Anda untuk melawan sumber penderitaan ini termasuk undang-undang dan budaya yang menolak setiap jenis kekerasan.”

Pada hari Kamis, paus tiba di Peru dari Cile, di mana terjadi bentrokan atas pelecehan seks klerus.

Apa yang terjadi di Chile?

Pada akhir kunjungannya di sana, Francis mengatakan bahwa “tidak ada bukti” atas klaim bahwa pelecehan oleh Pastor Fernando Karadima telah ditutupi oleh Uskup Juan Barros.

Salah satu korban Karadima, Juan Andres Murillo, menanggapi dengan mengatakan bahwa kata-kata Paus tidak dapat diterima.

“Paus mengatakan pernyataan kami tentang Uskup Barros sebagai fitnah”, katanya kepada AFP.

Gereja Katolik mengalami pukulan di Chile pada tahun 2010 ketika Karadima dituduh menganiaya beberapa remaja laki-laki di ibu kota, Santiago, yang dimulai pada tahun 1980an.

Pada tahun 2011 Vatikan menemukannya bersalah dan memvonisnya seumur hidup sebagai  “penebusan dan doa”.

Dia tidak pernah menghadapi tuntutan pidana di Chile karena terlalu banyak waktu yang telah berlalu, namun hakim yang mendengar kesaksian korban dalam penyelidikan selama setahun menggambarkan mereka “jujur dan terpercaya”.