Huawei Menolak Masalah Keamanan Australia

0
1066

Perusahaan telekomunikasi Cina Huawei telah mengkritik tajam komentar pemerintah Australia tentang kebijakan dan produknya.

Dalam sebuah surat terbuka, ia mengatakan komentar itu “kurang informasi dan tidak berdasarkan fakta”.

Surat itu datang karena pemerintah Australia melarang Huawei dari penawaran dalam lelang ponsel 5G.

Larangan itu didorong oleh kekhawatiran bahwa China akan secara de facto mengendalikan jaringan jika Huawei berhasil mengajukan penawaran.

Dalam surat publiknya, yang ditulis oleh ketua Huawei Australia John Lord dan anggota dewan John Brumby dan Lance Hockridge, perusahaan menyangkal tuduhan bahwa itu di bawah kendali pemerintah China dan mengatakan itu adalah perusahaan swasta yang dimiliki oleh “karyawannya, tanpa pemegang saham lainnya “.

Ia mengatakan telah menawarkan untuk membangun pusat “evaluasi dan pengujian” di mana peralatan 5G-nya dapat dievaluasi oleh lembaga pemerintah Australia.

Dan mengutip penawaran teknologi 5G di Inggris, Kanada dan Selandia Baru yang mengikuti pembangunan pusat pengujian serupa.

Pada 2012, perusahaan itu dilarang memasok peralatan untuk National Broadband Network negara itu. Pada bulan Mei tahun ini, Australia memastikan Huawei tidak memiliki bagian dalam kabel yang menghubungkan Kepulauan Solomon dengan negara tersebut.

Juga, parlemen Australia saat ini sedang memperdebatkan RUU Interferensi Asing yang akan mengharuskan orang-orang untuk menyatakan jika mereka bekerja atas nama kekuatan asing, yang sebagian besar dilihat sebagai cara untuk mempersulit pengaruh Beijing.

Huawei juga menghadapi kesulitan di AS, di mana dilarang menjual peralatannya karena masalah keamanan.